UIJ ADAKAN SEMINAR NASIONAL EKONOMI SYARIAH

     Jakarta, 3 Shafar 1434/16 Desember 2012. (MINA) – Universitas Islam Jakarta (UIJ) merencanakan mengadakan Seminar Nasional Ekonomi Syariah bertema “Peran Strategis Perguruan Tinggi dalam Pengembangan dan Penerapan Ekonomi Syariah” di Aula UIJ Jl. Balai Rakyat, Utan Kayu, Jakarta Timur, Sabtu, 29 Desember 2012.

     Ketua Panitia Pengarah Abdurrahman Hilabi mengatakan kepada Mi’raj News Agency (MINA) Ahad (16/12), seminar diselenggarakan dalam rangka memberikan pencerahan dalam bidang ekonomi syariah.
     

“Kita perlu terus mengembangkan pola pikir dalam ekonomi syariah yang mementingkan kualitas serta nilai moral,” ujar Abdurrahman, yang juga Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Ukhuwah dan Studi Islam (UKM FUSI) UIJ.
     Menurutnya, momentum perkembangan ekonomi syariah di Indonesia tahun 2000-an relative pesat ditinjau dari sisi pertumbuhan asset, omzet dan jaringan kantor lembaga perbankan dan keuangan syariah. Pada saat yang bersamaan muncul lembaga pendidikan tinggi yang mengajarkan ekonomi Islam, walaupun pada jumlah yang sangat terbatas.
     Seiring dengan itu, muncul berbagai permasalahan dan tantangan, di antaranya masih terbatasnya Perguruan Tinggi yang mengajarkan ekonomi Islam. Sehingga sumber daya insani di bidang ekonomi dan keuangan syariah masih terbatas dan belum memiliki pengetahuan ekonomi syariah yang memadai, paparnya.
     “Melalui seminar ini diharapkan tumbuh pencerahan untuk lebih mengeksplorasi wawasan yang berkaitan dengan ekonomi syariah,” ujar Abdurrahman.
     Pemateri seminar antara lain Dr. Syafi’i Antonio, M.Ec., Dr. Hayu Prabowo,M.Hum, dan Prof. Dr. Jaih Mubarok,SE,MH,M.Ag. (R.005).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply