UlamaTerkemuka Rusia Dibunuh Secara Brutal di Kaukasus Utara

Ustad Rusia       Moskow, 15 Shafar 1434/28 Desember 2012 (RT/MINA) – Seorang ulama terkemuka Rusia Ibragim Dudarov (34) ditemukan tewas Rabu malam (26/12) di pinggiran ibukota Propinsi Vladikavkaz, Rusia, demikian menurut laporan Russia Today (RT) yang diterima Mi’raj News Agency (MNA).

 

      Menurut RT News Line,  polisi Rusia sedang menyelidiki kasus pembunuhan Ibragim Dudarov. Mereka menemukan lima luka tembak di tubuh Ibragim Dudarov salah satunya bersarang di kepalanya.

     “Para pembunuh menghentikan mobil yang ditumpangi Dudarov untuk kemudian mereka membunuhnya. Kendaraan korban berada di lokasi kejadian sampai akhirnya diketahui oleh orang yang lewat,” kata Mufti Ossetia Utara Khadzhimurat Gatsalov.

      Khadzhimurat Gatsalov memperkirakan kejahatan terhadap Ibragim Dudarov dilakukan oleh mereka yang memusuhi Islam. “Mereka tidak ingin Islam berkembang di Ossetia Utara,” kata Khadzhimurat Gatsalov.

      Ibragim Dudarov tinggal di desa dekat Chmi Vladikavkaz bersama istri dan empat anaknya, yang terkecil berusia satu bulan.

      Penyelidikan atas tindakan kriminal tersebut itu menyimpulkan bahwa Ibragim Dudarov diduga dibunuh karena ia seorang mufti agama yang ditentang oleh beberapa pihak di wilayah tersebut. Sementara itu Kepala Dewan Mufti Rusia, Sheikh Ravil Gainutdin mengatakan bahwa kejahatan tersebut  menunjukkan bahwa musuh-musuh Islam  tidak menginginkan adanya perdamaian di Ossetia Utara dan bagian negeri lain di Rusia.

      “Meskipun ini pembunuhan terencana, kami menjamin umat Islam di Rusia tidak akan menghentikan  proses pendidikan agama, advokasi dan kegiatan da’wah lainnya,” kata Ravil Gainutdin .

      Di antara ulama-ulama di Ossetia Utara, Ibragim Dudarov satu-satunya ulama dengan pendidikan tertinggi. Ia lulus dari Fakultas Kedokteran Islam terkenal di Arab Saudi. Dia juga memiliki ijazah dari beberapa Universitas Islam di Timur Tengah dan menjabat sebagai Imam di sebuah masjid lokal di Ossetia Utara.

      Tewasnya  Ibragim Dudarov  merupakan pembunuhan pertama kalinya yang menimpa pemimpin Islam pada komunitas Muslim di Ossetia Utara.

      Pembunuhan berlatar  agama di Rusia akhir-akhir ini sering terjadi. Salah satu pembunuhan paling menghebohkan terjadi pada bulan Agustus lalu, ketika pemimpin Muslim dari Republik Dagestan  Rusia, Sheikh Afandi dibunuh di rumahnya, setelah seorang pembom bunuh diri meledakkan bahan peledak.

 

     Syeikh Afandi yang berusia tujuh puluh empat tahun merupakan seorang ulama sufi terkenal dan dianggap sebagai salah satu pemimpin spritual tertinggi  di Rusia. (T/R-016/R-006)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply