WARGA ISRAEL AKTIVIS MAVI MARMARA BOLEH CALONKAN DIRI PADA PEMILU

      Yerussalem, 18 Shafar 1434/31 Desember 2012 (MINA) – Mahkamah Israel memutuskan pada Ahad (30/12) seorang anggota parlemen Israel yang juga aktivis Mavi Marmara Haneen Zoabi diperbolehkan mencalonkan diri dalam pemilu mendatang.
      Berdasarkan laporan Ma’an yang diterima Kantor Berita Islam Mi’raj News Agency (MINA) pada Senin (31/12), Zoabi sebelumnya dilarang dalam pencalonan pemilu mendatang karena karena ikut serta dalam kapal bantuan internasional Mavi Marmara pada Mei 2010 yang berusaha menembus blokade Israel di Jalur Gaza.

      Zoabi adalah warga Israel keturunan Arab Palestina, berada di Mavi Marmara ketika pasukan komando angkatan laut Israel menyerbu kapal Turki itu, yang menewaskan sembilan warga Turki.
      Sebelumnya Komisi Pemilihan melalui voting pada 19 Desember 2012 telah mendiskualifikasi Zoabi pada pencalonan pemilu Israel. Komisi mengatakan Zoabi telah menunjukkan dukungan melalui keikutsertaan pada kapal Mavi Marmara dalam upaya menembus blokade Gaza yang dikuasai Hamas.
     “Saya hanya berusaha menengahi kedua belah pihak,” ujar Zoabi.
     Zoabi mengajukan naik banding atas Keputusan Komisi Pemilihan itu ke Mahkamah Agung Israel. Hingga Mahkamah memutuskan membolehkan Zoabi mengikuti pemilu.
     Haneen Zoabi berasal dari partai kecil Balad yang mempunyai pandangan Israel tidak harus diartikan sebagai negara Yahudi, melainkan sebagai negara demokrasi untuk semua warga negaranya. (T/R-010/R-005).

Mi’raj Newes Agency (MINA)

Leave a Reply