SEJUMLAH 109 WNI DARI SURIAH DIPULANGKAN

       Damaskus, 6 Rabiul Awwal 1434/18 Januari 2013. (MINA) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Suriah di Damaskus, hari ini, Jumat (18/1) kembali memulangkan 109 Warga Negara Indonesia (WNI) ke Indonesia melalui Beirut, Libanon. Pemulangan WNI dari Suriah ini merupakan yang ketiga kalinya tahun 2013 sejak pemulangan 123 WNI awal Januari (5/1) dan 70 WNI minggu lalu (12/01).
       Jumlah keseluruhan WNI yang dipulangkan sejak awal bulan Januari hingga saat ini berjumlah 302 WNI dimana di dalamnya termasuk lima mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan S1 di Suriah.

       “WNI dari Suriah yang akan dipulangkan ini ditampung di KBRI Libanon sebelum diberangkatkan ke Indonesia”, jelas Koordinator Tim Pendataan Satuan Tugas KBRI Damaskus dalam rilis kepada Portal Kementrian Luar Negeri (Kemenlu), seperti diterima Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency).
       “Hingga saat ini telah terdapat 57 WNI yang berkasnya telah selesai dan siap dipulangkan, namun KBRI Damaskus menunggu hingga hingga akhir bulan Januari ini untuk dapat memulangkan hingga lebih dari 100 WNI ke Indonesia. Diperkirakan dalam bulan Januari 2013 ini KBRI dapat memulangkan lebih dari 400 WNI”, tambahnya.
       Dubes RI untuk Suriah, Wahib Abdul Jawad, dalam rapat bersama dengan Tim Satgas KBRI Damaskus telah menetapkan status Darurat I untuk Suriah, yang berarti KBRI Damaskus harus berupaya semaksimal mungkin untuk melindungi dan membantu percepatan pemulangan WNI ke Indonesia.
       Tim Satgas KBRI Damaskus terus bekerja penuh 24 jam untuk membantu pihak konsuler KBRI dalam upaya menerima kedatangan WNI yang sebagian besar adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Suriah.
       Setelah kepulangan hari ini, WNI yang berada di KBRI Damaskus berjumlah 354 orang. Mereka masih menunggu penyelesaian masalah dan administrasi untuk kepulangan ke Indonesia melalu Beirut, Libanon. (T/R005).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply