ABBAS BERSEDIA PIMPIN PEMERINTAHAN BERSAMA

      Gaza, 7 Rabiul Awwal 1434/19 Januari 2013 (MINA) – Pejabat senior Fatah di Jalur Gaza Yahya Rabah mengatakan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas bersedia memimpin pemerintahan bersama yang menurut rencana akan dibicarakan pada pertemuan lanjutan rekonsiliasi 30 Januari mendatang, katanya kepada kantor berita Ma’an, Jumat, (18/1).

      Rabah menyebutkan, rancangan pemerintahan Palestina bersama terdiri dari para cendekiawan dan pejabat, yang secara periodik membuat laporan pengawasan kinerja presiden serta parlemen.
      “Kita sepakat menetapkan jadwal pelaksanaan rekonsiliasi 30 Januari mendatang di Kairo,” ujarnya.
      Seperti dilaporkan, Fatah dan Hamas menyepakati jadwal pelaksanaan rekonsiliasi Palestina. Hal itu disepakati delegasi Hamas Musa Abu Marzuq dan delegasi Fatah Azzam     Al-Ahmad, pada pertemuan rekonsiliasi di Kairo, Kamis malam (17/1).
      Hamas dan Fatah sepakat untuk membentuk pemerintah bersama sebagai bagian dari kesepakatan rekonsiliasi yang sebenarnya sudah beberapa kali dibicarakan. Terutama perbedaan itu muncul setelah terjadinya dua pemerintahan terpisah tahun 2007, Fatah di Tepi Barat dan Hamas di Jalur Gaza. (T/R015/R005).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply