ABBAS PERINTAHKAN GUNAKAN ISTILAH ‘NEGARA PALESTINA’

   Ramallah, 25 Shafar 1434/7 Januari 2013 (Ahram/MINA) – Presiden Palestina, Mahmud Abbas telah memerintahkan pemerintahnya untuk secara resmi mengubah nama Otoritas Palestina menjadi ‘Negara Palestina’.

    Dia memerintahkan pada hari Minggu untuk mulai penggunaan nama ‘Negara Palestina’ pada paspor baru, KTP, SIM dan perangko,” menurut media resmi pemerintah.
    Keputusan itu diberitakan oleh kantor berita WAFA setelah Palestina sukses pada akhir tahun lalu mejadi Negara pengamat di PBB meski mendapat tekanan intens dari Israel dan AS.
    Abbas mengatakan perubahan menjadi Negara Palestina pada dokumen resmi akan membantu memperkuat Palestina, “di tanah dan membangun institusi … dan kedaulatan atas tanahnya.”
    Pada pekan lalu, ia memerintahkan kementerian luar negeri dan kedutaan di seluruh dunia untuk mulai menggunakan “Negara Palestina” dalam korespondensi resmi.
    Sebelumnya, dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Abbas, termasuk paspor dan dokumen identitas lainnya, dilabeli dikeluarkan oleh Otoritas Palestina, yang ia pimpin.
    Israel telah mengritik Palestina atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan status Negara di PBB. Israel mengatakan negara Palestina hanya bisa dicapai melalui perundingan bilateral dengan negara Yahudi itu.
    Kementerian luar negeri Israel menolak untuk mengomentari langkah Palestina. Orang-orang Palestina sendiri mengatakan peningkatan status di PBB akan memperkuat posisi mereka dalam negosiasi dengan Israel dan menyempurnakan pembicaraan masa depan.(T/R-009/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply