AHMAD BEHBEHANI TERPILIH JADI KEPALA FEDERASI JURNALIS ARAB

        Kairo, 29 Shafar 1434/11 Januari 2013 (MINA) – Ketua Persatuan Wartawan Kuwait Ahmad Behbehani telah terpilih sebagai Ketua Federasi Jurnalis Arab (Federation of Arab Journalists/FAJ) dalam konferensi FAJ ke-12. Behbehani menjadi tokoh pertama dari Kuwait dan kawasan Teluk yang mengepalai FAJ sejak berdirinya pada tahun 1964.

     “Hal ini merupakan kemenangan bagi Kuwait. Terpilihnya Behbehani adalah mahkota bagi media Kuwait untuk berperan penting dalam bidang media yang telah dimainkan di dunia Arab selama beberapa dekade yang lama,” kata direktur dan bendahara FAJ, Adnan Al-Rashed, dalam sebuah pernyataan pers kepada Kantor Berita Kuwait (KUNA) yang diterima Mi’raj News Agency (MINA) Jum’at dini hari (11/01).

       Konferensi FAJ ke-12 yang dimulai Rabu (9/01) di Kairo, Mesir berlangsung selama dua hari dengan mengusung  tema “Kebebasan Pers, Mempersatukan Bukan Memecahbelah

       Konferensi itu membahas beberapa isu, termasuk pembahasan hukum dasar FAJ, serta politik, hukum, dan keprofesionalan yang  terkait dengan wartawan Arab dan tantangan yang dihadapi bangsa Arab.

       Konferensi itu juga membahas kondisi pers Arab di bawah penjajahan Israel di Palestina, isu-isu wartawan perempuan, proyek pelatihan bagi wartawan muda dalam teknologi komunikasi dan informasi modern serta isu-isu lainnya.

       Sebuah panel yang mengawasi pemilihan anggota sekretariat jenderal FAJ telah mengumumkan 15 anggota yang terpilih untuk masa jabatan empat tahun. Para pemilih telah memilih Behbehani sebagai ketua.

         Sementara itu, Hatem Zakaria dari Mesir terpilih sebagai Sekretaris Jenderal FAJ, dan rekan senegaranya, Karem Mahmoud, sebagai bendahara.

        Mereka juga yang terpilih dalam pemilihan tersebut, Muayed Al-Lami (Irak) sebagai wakil ketua pertama FAJ, Abdullah Al- Buqali (Maroko) sebagai wakil ketua kedua, Tareq Al- Moumni (Yordania) sebagai wakil ketua ketiga,  Mohammed Yousef (UEA) terpilih sebagai wakil ketua keempat dan Abdullah Al-Jehlan (Arab Saudi) sebagai wakil ketua kelima.

         Al-Hashemi Nuwairi (Tunisia) terpilih sebagai penasehat, Abdel Wahab Al-Zughailat sebagai kepala komite kebebasan dan Adnan Al-Rashed sebagai ketua komite untuk pengembangan sumber daya .

         Selanjutnya, mereka yang terpilih sebagai sekretaris umum adalah Abdul Nasser Al-Najjar (Palestina), Um Kalthoum Al-Mustafa (Mauritania), Salma Al-Jelasi (Tunisia), Muhi-eddine Al-Titawi dan Elias Aoun (Lebanon), Yassin Al-Masoudi (Yaman), dan Salem Al-Jahouri (Oman).

        Peserta dari seluruh Persatuan Wartawan negara-negara Arab mengikuti Konferensi FAJ ke-12. Kuwait mengambil bagian dalam konferensi FAJ ke-12 itu dengan sebuah delegasi yang dipimpin oleh sekretaris asosiasi wartawan Negara itu, Faisal Al-Ginaee.

        Sementara Oman juga ikut berpartisipasi dengan mengirimkan delegasi Persatuan Wartawan Oman (Oman Journalists Association /OJA) yang dipimpin oleh Ketua OJA, Awadh bin Said Ba Qwair. (T/R-022/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply