AHRAR CENTER: TAHUN 2012, PENJAJAH ISRAEL BUNUH 290 WARGA PALESTINA

      Gaza, 21 Shafar 1434 H/03 Januari 2013 (AlQassam/MINA) – Pusat Ahrar untuk Hak Asasi Manusia dan Studi Tahanan (Ahrar Center for Human Rights and Prisoners Studies) dalam laporan tahunannya tentang Pelanggaran Israel atas Hak Asasi Manusia (HAM) di Wilayah Palestina menemukan, Israel telah membunuh 290 warga di Palestina.

    Sebagian besar dari mereka yang menjadi korban berada di wilayah Jalur Gaza saat  serangan militer Israel pada November 2012. Sekitar 175 warga menjadi korban meninggal pada periode antara 14 November 2012 hingga 21 November 2012.

    “Sekitar 26 warga lainnya terbunuh pada periode antara 8 Maret 2012 hingga 13 Maret 2012. Semua korban meninggal adalah warga sipil,” kata Direktur Ahrar Center, Fuad Al-khuffash yang dikutip situs resmi Al-Qassam dan diterima Mi’raj News Agency (MINA), Kamis dini hari (03/01).

     Al-khuffash mencatat, terdapat 12 korban meninggal di wilayah Tepi Barat, termasuk 2 korban meninggal dalam aksi solidaritas damai untuk Gaza. Dua korban meninggal itu teridentifikasi bernama Roshdi Attamimi dari desa Nabi Saleh dan Hamdi Mohammad Alfalah dari daerah Hebron.

     Seorang anak berusia 20 bulan dari keluarga Najib, Ahmad Najib meninggal setelah militer Israel melemparkan bom gas air mata ke arah rumah keluarga Najib di kamp pengungsian Qalandia sebelah  utara Al-Quds (Yerusalem) yang dijajah.

     Ahrar Center mengatakan, tentara penjajah Israel telah menyerang aksi pawai demonstrasi damai di wilayah Tepi Barat. Seperti yang terjadi dengan seorang korban meninggal, Tal’at Ramieh, yang dibunuh oleh tentara penjajah Israel di kota al-Ram sebelah utara Al-Quds dalam aksi demonstrasi damai untuk mengutuk penyerbuan Masjid Al-Aqsha oleh Israel.

     Pada bulan Juli 2012, penjajah Israel telah membunuh seorang pria yang berada di jalan yang sedang mencari pekerjaan di wilayah Al-Quds. Dalam sebuah kasus kejahatan baru itu, Israel membunuh Hasan Badee Badr di pos pemeriksaan Za’eem dengan menembaknya tepat pada leher dan kepala saat dia berada di dalam sebuah mobil.

     Pada bulan Maret 2012, dua anak terbunuh dalam sebuah ledakan di Saeer dan seorang pemuda terbunuh di Yatta, Hebron.

     Sementara itu, pada bulan April 2012, Israel telah membunuh seorang anak (empat tahun) dari keluarga Asil Ararah dari daerah Anata.  Tentara penjajah Israel juga telah membunuh Rashad Shokhah (28 tahun) dari daerah Ramon dan Fadi Ibrahim Zayton dari daerah Baita.

     Pada bulan Desember 2012, tentara Israel telah membunuh Hatem Shadid dari daerah Ellar dan Mohammad Assalaymeh dari daerah Hebron.

     Israel secara sepihak telah mendirikan negaranya tahun 1948. Israel menjajah Al-Quds (Yerusalem) Timur dan seluruh Tepi Barat, Palestina, sejak 1967. Israel lalu mengambil alih sebagian Tepi Barat dan mengklaimnya sebagai wilayah Israel.(T/R-022/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply