AMERIKA – PERANCIS DALANG SERANGAN BANDARA DI SURIAH

    Damaskus, 1 Rabi’ul Awwal 1434/14 Januari 2013 (PressTV/MINA) – Sebuah laporan dari website Palestina, Al-Manar menyebutkan, serangan terhadap bandara-bandara di Suriah telah direncanakan oleh Prancis dan juga serangan terhadap pos komando pertahanan udara sedang dilakukan oleh pasukan oposisi di bawah pengawasan langsung dari perwira militer Amerika Serikat.

    Seorang petugas yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, perwira AS yang melatih militan di Turki dan Yordania melakukan serangan tersebut.
    Sementara itu, sumber pemerintah Suriah mengatakan oposisi memasuki basis pertahanan setelah pasukan pemerintah meninggalkan tempat tersebut sesuai dengan perintah evakuasi militer beberapa hari lalu. Semua peralatan militer penting yang ditempatkan di sana sekaligus perwira, pilot dan tentara dievakuasi sebelum kedatangan oposisi.
    Hal ini diyakini bahwa tentara Suriah telah meninggalkan peralatan militer dan beberapa senjata yang sudah tidak digunakan lagi.
   Pengawas oposisi mengatakan militer Suriah telah memindahkan semua helikopternya dari basis tersebut dan meninggalkan sebanyak 20 helikopter yang rusak.
    Suriah mulai bergejolak sejak pertengahan Maret 2011. Banyak orang, termasuk sejumlah besar personil keamanan tewas dalam kekerasan itu.
    Pemerintah Suriah mengatakan bahwa kekacauan tersebut datang dari pihak luar dan menyebutkan sebagian besar dari para militan yang melawan pemerintah Suriah adalah warga negara asing.
    Beberapa organisasi hak asasi manusia internasional telah menuduh asing yang mendukung pasukan oposisi yang telah melakukan kejahatan perang.(T/R-007/R-008).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply