AL IRAN GAGALKAN 30 PESAWAT MATA-MATA ASING

      Teheran, 20 Shafar 1434/2 Januari2013 (Presstv/MINA) – Seorang komandan senior Iran mengatakan bahwa Angkatan Laut Iran sejauh ini telah memberi peringatan keras kepada 30 pesawat mata-mata transregional yang mencoba memasuki Wilayat 91 zona manuver militer, Press TV melaporkan, Selasa (1/1).

      Pada hari kelima dari manuver militer, Selasa, juru bicara Angkatan Laut Wilayat latihan 91, Laksamana Amir Rastegari mencatat bahwa pasukan Iran sejauh ini telah menghentikan upaya penyusupan 30 pesawat mata-mata asing dan pesawat pengintai ke zona manuver.
      “Berbagai jenis pesawat pengintai dan mata-mata yang sedang berusaha memasuki zona manuver untuk memata-matai dan mengumpulkan informasi, menghadapi peringatan dari unit permukaan Angkatan Laut dan Pangkalan Udara Pertahanan Khatam al-Anbiya,” tambah komandan.
      Rastegari menyatakan bahwa pasukan Iran juga telah mengeluarkan peringatan dalam beberapa kesempatan untuk kapal transregional yang berusaha untuk mendekati zona latihan.
      Angkatan Laut Iran melaksanakan enam hari manuver angkatan laut CODEC Wilayat 91 sejak 28 Desember 2012 dalam rangka untuk unjuk kemampuan negara mempertahankan perbatasan maritimnya.
      Manuver maritim khusus meliputi wilayah dari timur Selat Hormuz di Laut Oman sisi utara Samudera Hindia sejauh 18 paralel utara.
      Selama beberapa tahun terakhir, Iran telah mengadakan beberapa latihan militer untuk meningkatkan kemampuan pertahanan angkatan bersenjatanya serta untuk menguji taktik militer dan peralatan modern.
      Republik Islam telah berulang kali meyakinkan negara-negara lain, khususnya negara tetangga, bahwa kekuatan militernya tidak menimbulkan ancaman bagi negara-negara lain, yang menyatakan bahwa doktrin pertahanan Iran didasarkan pada pencegahan.(T/R-011/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply