AS AKUI PERAN PERANCIS DALAM MISI DI SOMALIA

     New York City, 2 Rabiul Awal 1434/14 Januari 2013 (Aljazera/MINA) – Presiden AS Barack Obama mengatakan pasukan Amerika membantu dalam upaya penyelamatan seorang agen rahasia Perancis yang ditangkap oleh oposisi di Somalia.

    “Pesawat tempur AS sekilas memasuki wilayah udara Somalia untuk mendukung operasi penyelamatan, jika diperlukan. Pesawat ini tidak menggunakan senjata selama operasi,” kata Obama dalam suratnya kepada Kongres pada Ahad lalu.
    Obama mengatakan pasukan AS memberikan dukungan teknis yang terbatas pada pasukan Prancis dalam memimpin operasi pada Jumat.
    Presiden telah mengirimkan surat kepada anggota parlemen AS untuk memenuhi kewajibannya di bawah resolusi kekuatan perang, yang mengharuskan dia untuk menginformasikan para pembuat kebijakan dalam waktu 48 jam dari angkatan bersenjata untuk melakukan tindakan militer tanpa otorisasi kongres.
    Obama mengatakan, operasi itu diperlukan untuk kepentingan nasional keamanan AS. Dia menambahkan, pasukan AS tidak mengambil bagian langsung dalam serangan di kompleks di mana diyakini warga Perancis yang disandera ada disana.”
    Tim Perancis sedang berusaha membebaskan Denis Allex yang disandera sejak 2009 oleh al-Qaeda terkait al-Shabaab.
    Para pejabat Prancis mengatakan sandera itu sebenarnya hampir mati. Salah seorang prajurit Perancis juga tewas dalam upaya penyelamatan itu.
    Sementara itu, kementerian Pertahanan Prancis mengatakan bahwa 17 pejuang Somalia juga tewas dalam pertempuran tersebut.(T/R-012/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

 

 

 

 

Leave a Reply