BOM MELEDAK, MENTERI KEUANGAN IRAK SELAMAT

        Baghdad, 3 Rabiul Awwal 1434/15 Januari 2013 (MINA) – Bom meledak di dekat konvoi rombongan Menteri Keuangan Irak Rafei Al-Essawi di tepi jalan antara Kota Fallujah dan Abu Ghraib, Irak, pada Ahad (14/1), Al-Arabiyah melaporkan. Sumber keamanan menyebutkan, Al-Essawi selamat dari upaya pembunuhan itu.  

      Al-Jazeera memberitakan, bom di pinggir jalan meledak dekat konvoi Al-Essawi, namun dia selamat. Sementara dua pengawalnya terluka.
      Ancaman terhadap Al-Essawi meningkat setelah sepuluh pengawalnya ditangkap bulan lalu atas tuduhan terorisme. Menyusul penangkapan pengawalnya itu, ia menuntut agar Perdana Menteri Irak Nuri Al-Maliki mengundurkan diri.
      “Perdana Menteri harus segera mengundurkan diri, karena ia tidak bertindak sebagaimana layaknya seorang negarawan,” kata Essawi dalam konferensi pers yang dihadiri oleh ketua parlemen Osama Al-Nujaifi dan Wakil Perdana Menteri Saleh Al-Mutlak.
      Essawi mengatakan, unit pasukan keamanan menggerebek rumahnya dan menangkap para pengawalnya tanpa ada perintah resmi penangkapan.
      Essawi mengecam pemerintahan Al-Maliki yang tidak menghormati lembaga-lembaga Negara.
      Seorang pejabat senior keamanan pemerintah mengatakan, pasukan melakukan penangkapan pengawal Menteri Essawi sebagai bagian dari penyelidikan antiterorisme, dan beberapa dari mereka telah dibebaskan. (T/R-020/R-005).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply