CHINA PRIHATIN ATAS SITUASI SURIAH

     Cina, 19 Shafar 1434/1 Januari 2013 (KUNA/MINA) – China sangat prihatin tentang situasi Suriah dan mendesak semua pihak terkait untuk mempertimbangkan kepentingan jangka panjang dari rakyat negara itu, Xinhua News Agency melaporkan Senin (31/12).

     “Semua pihak terkait di Suriah harus segera gencatan senjata dan menghentikan kekerasan, melindungi warga negara, dan memulai dialog politik inklusif dan transisi politik, untuk mengakhiri krisis,” kata jubir Kementerian Luar Negeri Hua Chunying seperti dikutip pada pengarahan pers di Beijing.
     Menurut media Suriah, pasukan pemerintah Suriah mengklaim bahwa mereka menewaskan puluhan militan asing di Homs pada 29 Desember. Sementara itu, pasukan anti-pemerintah menuduh pasukan pemerintah membunuh warga sipil di Homs.
     Utusan Perdamaian PBB-Liga Arab untuk Suriah, Lakhadr Brahimi, mengatakan Ahad (30/12) situasi di Suriah telah memburuk di tengah meningkatnya kekerasan. “Sekarang, rakyat Suriah menghadapi dua pilihan: solusi politik yang dapat memenuhi aspirasi orang Suriah, atau pergeseran Suriah ke neraka,” kata Brahimi.
     Sementara itu, Hua mengatakan China menghormati pilihan yang dibuat oleh orang-orang Suriah, dan dengan positif serta terbuka untuk setiap rencana resolusi yang diterima secara luas oleh pihak terkait di Suriah.(T/R-019/R-008).

 

Miraj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply