DELEGASI FATAH-HAMAS LANJUTKAN PEMBICARAAN REKONSILIASI

     Kairo, 5 Rabiul Awal 1434/17 Januari 2013(MINA) – Delegasi Fatah dipimpin Azzam Al-Ahmad dan delegasi Hamas dipimpin Musa Abu Marzuq mengadakan pertemuan untuk melanjutkan pembahasan rekonsilisasi di Kairo, hari ini Kamis (17/1), seperti dilansir Kantor Berita Ma’an.
   Kepala delegasi Fatah, Azzam Al-Ahmad mengatakan, pertemuan membahas langkah-langkah lanjut rekonsiliasi, pembentukan komite kerja pemilihan umum, dan pembentukan pemerintahan nasional bersama sebagaimana disepakati dalam Deklarasi Doha.

     Pada pertemuan di Doha, Qatar, 5 Februari 2012, Fatah dan Hamas antara lain menyepakati rencana pembentukan pemerintahan nasional Palestina, komite kerja pemilu, dan pelaksanaan rekonsiliasi.
     “Pertemuan membahas beberapa masalah teknis, sebagai tindak lanjut pertemuan di Kairo,” ujar Al-Ahmad.
     Sebelumnya, Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu dengan Kepala Biro Luar Negeri Hamas Khalid Misy’al di Kairo (9/1/2013) setelah mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden Mesir Muhammad Mursi.
     Sementara itu, juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa pertemuan Kairo bertujuan untuk menetapkan jadwal dan mekanisme pelaksanaan perjanjian rekonsiliasi sebagaimana telah disepakati pada pertemuan sebelumnya.
     Koresponden Mi’raj News Agency (MINA) di Kairo hingga saat ini masih terus mengikuti perkembangan pertemuan rekonsiliasi itu. (T.R-025/R-005).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply