DELEGASI OLAHRAGA MESIR KUNJUNGI GAZA

    Gaza, 2 Rabiul Awal 1434/14 Januari 2013 (PIC/MINA) –  Perdana Mentri Palestina di Gaza, Ismail Haniyah, menilai kedatangan delegasi olahraga Mesir yang dipimpin menpora Mesir ke Jalur Gaza merupakan deklarasi Mesir dan Arab untuk pembebasan blokade olahraga terhadap Jalur Gaza.

    Hal tersebut disampaikan Haniyah saat menerima delegasi olahraga Mesir di rumahnya di kamp pengungsi Shati di barat Gaza, Ahad (13/13). Delegasi ini dipimpin oleh Menpora Mesir Amiri Farouq, yang terdiri dari 70 tokoh olahraga dan media di bidang olahraga serta anggota Majlis Syura Mesir.
    kunjungan tersebut akan menjadi awal untuk menciptakan peristiwa besar bagi semua bangsa Arab dan umat Islam serta membebaskan blokade Jalur Gaza. Dia mengingatkan tentang peran pioner Mesir dalam sejarah Palestina.
    Haniyah mengatakan, “Tidak mungkin tubuh Arab sehat bila kepalanya tidak sehat. Dan kepala itu adalah Mesir. Ketika Mesir sehat maka Palestina sehat. Ketika Mesir kuat maka Palestina kuat dan kami merasa aman.”   
    Mesir telah berperan aktif dalam pembebasan 1047 tawanan Palestina, bukan hanya sebagai mediator pertukaran namun juga menjadi payung yang melindungi pembebasan mereka. Begitu juga peran Mesir dalam rekonsiliasi Palestina dan upaya mengakhiri perpecahan internal Palestina.
    Masalah besar lain yang tidak lepas dari peran historis Mesir adalah rekonstruksi Jalur Gaza dan pasokan bahan baku yang dibutuhkan untuk itu. Selain pasokan bahan bakar dari Qatar melalui Mesir.
    Haniyah menegaskan, “Keamanan Mesir adalah keamanan kami, stabilitas Mesir adalah stabilitas kami dan keamanan perbatasan merupakan masalah sakral. Mesir memiliki kedaulatan penuh di seluruh wilayahnya.”
    Dia menambahkan, “Ketika kami bersandar ke Mesir, kami hanya bersandar kepada saudara-saudara kami dan sahabat kami saja, tidak lebih. Dan kami akan tetap melindungi keamanan Mesir dan keamanan Sinai. Bahkan perlawanan Palestina, hanya bergerak di wilayah Palestina saja, tidak di luar Palestina.”
    Dia mengatakan bahwa Gaza akan terus melindungi gerbang timur Mesir.(T/R-018/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply