DELEGASI PALESTINA ANGKAT ISU TAHANAN DALAM KUNJUNGAN KAIRO

      Betlehem, 23 Shafar 1434/5 Januari 2013 (MINA) – Seorang delegasi Palestina akan mengunjungi Kairo dalam beberapa hari mendatang untuk membahas isu tahanan Palestina, menurut laporan Ma’an yang diterima Kantor Berita Islam Mi’raj News Agency (MINA) pada Jum’at (4/1).
      Menteri Urusan Tahanan Palestina Issa Qaraqe mengatakan kepada kepada Ma’an, delegasi tersebut akan bertemu dengan para pejabat Mesir untuk membahas tahanan yang melakukan aksi mogok makan, serta penangkapan kembali tahanan Palestina oleh Israel yang dibebaskan dalam kesepakatan pertukaran 2011.
     

Delegasi itu akan mendesak Mesir untuk ikut campur tangan guna mengakhiri aksi mogok makan yang terancam kelaparan, terutama Samer Issawi.
      “Palestina juga telah meminta pertemuan dengan delegasi Liga Arab untuk membahas isu mogok makan”, kata Qaraqe.
      Para pejabat Palestina juga akan memberikan surat Presiden Abbas untuk Presiden Mesir Muhammad Mursi.
Kesepakatan pertukaran tahanan yang ditengahi Mesir pada 2011 melihat Israel setuju untuk melepaskan total 1.027 warga Palestina dalam pertukaran dengan tawanan tentara Israel Gilad Shalit.
      Pada 25 Juni 2006 tentara Israel Gilad Shalit tertangkap oleh Palestina dan pada 11 Oktober 2013 Israel setuju untuk membebaskan 1.027 tahanan Palestina untuk ditukar dengan satu tahanan Israel tersebut.
      Kelompok Tahanan Addameer mengatakan Pada Desember 2012 ada 4.656 tahanan politik Palestina di penjara-penjara Israel dan pusat-pusat penahanan, termasuk 178 tahanan administratif di dalamnya.(T/R-010/R-005).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply