DUBES LE LUONG MINH DARI VIETNAM JADI SEKJEN ASEAN

        Jakarta, 28 Shafar 1434/10 Januari 2013 (MINA) – Dubes Le Luong Minh dari Vietnam resmi menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk masa lima tahun ke depan, terhitung sejak 9 Januari 2013, menggantikan Dubes Dr Surin Pitsuwan dari Thailand.

        Keterangan dari Direktorat Informasi dan Pelayanan Media Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Kamis menyebutkan, acara serahterima jabatan Sekjen ASEAN tersebut dihadiri Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Jakarta pada 9 Januari 2013.
       Menlu dalam sambutannya pada acara serah terima jabatan itu mengemukakan, Sekjen ASEAN adalah figur penting dalam sumbangsihnya terhadap pertumbuhan dan capaian organisasi tersebut.

       Marty juga mengemukakan, selama menjadi Sekjen ASEAN periode 2008-2012, Surin Pitsuwan merupakan sosok yang sukses dalam mendorong laju pembentukan Komunitas ASEAN.
       Di bawah Le Luong Minh yang bertepatan dengan target Komunitas ASEAN 2015, Marty berkeyakinan ASEAN akan terus meraih kemajuan. “Indonesia memberikan dukungan penuh bagi Sekjen Le Luong Minh dalam melaksanakan mandatnya yang sangat penting,” tegasnya.
       Le Luong Minh, dalam pandangannya, adalah sosok diplomat karir yang penuh pengalaman. Secara pribadi, Marty mengenal sosok Luong Minh saat keduanya bertugas di New York dan saat sama-sama duduk sebagai anggota Dewan Keamanan PBB.
        Dalam acara itu, Marty kembali menekankan mengenai tiga tantangan dan peluang yang dihadapi ASEAN. Pertama, terus memelihara dan memperluas perdamaian dan stabilitas di kawasan.
        “Komunitas ASEAN harus menjadi garda terdepan dalam arsitektur kawasan yang mampu mempromosikan perdamaian dan stabilitas di Asia Pasifik,” jelasnya.
        Kedua, terus memelihara dan memperluas ketahanan dan kemajuan ekonomi di kawasan.
Kesejahteraan ekonomi ASEAN diharapkan mampu memperkuat perannya sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi global.
        Ketiga, menurut Menlu adalah terus berjuang mewujudkan ASEAN yang bertumpu pada peran aktif masyarakat.
        Marty menambahkan, kebijakan luar negeri Indonesia akan berfokus pada pencapaian Komunitas ASEAN pada 2015. (T/R-002/R-003)

 Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply