FATAH & HAMAS BERTEMU MENJELANG ULANG TAHUN PARTAI

     Gaza, 21 Shafar 1434/3 Januari 2012 (MINA /Ma ‘an) – Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniya pada Rabu (2/1) menemui delegasi Hamas dan Fatah menjelang perayaan ulang tahun pertama Fatah di Gaza sejak Palestina terpecah.

     Fatah akan mengadakan perayaan ulang tahun ke-48 di Al-Saraya Square, Gaza City pada Jumat.
     Ini akan menjadi pertama kalinya Hamas memperbolehkan Fatah menggelar acara tersebut sejak menguasai kawasan pantai tersebut pada 2007. Fatah juga telah mengijinkan Hamas melakukan acara hari jadinya di Tepi Barat awal bulan ini untuk pertama kalinya dalam enam tahun.
     Haniya menyambut delegasi Fatah, termasuk pejabat senior Nabil Shaath, menjelang acara untuk membahas pengaturan keamanan. “Festival ini dan masyarakat umum akan mempersiapkan rekonsiliasi dan mengakhiri perpecahan. Kami menjamin keamanan untuk membuat festival ini berjalan sukses,” kata Haniya dalam pertemuan tersebut.
     Para delegasi Fatah dan Hamas diberi penjelasan singkat oleh kepala keamanan Haniyatentang pengaturan mengamankan festival, untuk persiapan perayaan diadakan Ahad ini di Gaza.
     Juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan partainya “tertarik untuk memastikan keberhasilan festival ini demi mengamankan hingga selesai peristiwa besarnasional ini”.
     Shaath menekankan tidak ada insiden keamanan yang dapat merusak suasana damai festival tersebut.
“Kami telah mencoba negosiasi yang disponsori oleh Mesir dan mencapai banyak kesepakatan, tapi kali ini terinspirasi oleh semangat masyarakat (Palestina),” kata Shaath, mengacu pada tekanan rakyat karena kegagalan terus menerus dalam pembicaraan rekonsiliasi antara kedua belah pihak.(T/R-007/R-008).

 

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply