HAMAS AKAN IMPOR BAHAN BANGUNAN DARI MESIR

       Kairo, 4 Rabiul Awal 1434/16 Januari 2013 (MINA) – Hamas mengatakan pihaknya akan menandatangani protokol final dengan pemerintah Mesir dalam mengimpor bahan-bahan untuk pembangunan kembali Jalur Gaza.

     “Bahan-bahan tersebut akan dikirim ke Gaza melalui Rafah”, kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Palestina, Yousef al-Ghariz, dalam sebuah pernyataan pers yang dikutip Egypt Independent dan diterima Mi’raj News Agency (MINA), Selasa sore (15/1).
     Penandatangan protokol yang rencananya dilakukan hari Kamis itu melibatkan Qatar, pendonor utama bagi upaya pembangunan kembali Jalur Gaza, Menteri Perumahan dan Perkotaan Mesir serta perusahaan yang menyediakan bahan-bahan bangunan.
     “Bahan-bahan tersebut  termasuk mesin ringan dan berat, dengan harga lebih murah dari harga pasar lokal Palestina,” tambah Ghariz.
     Pada 29 Desember 2012, pemerintah Mesir mengizinkan Gaza untuk mengimpor pertama kali bahan bangunan yang diangkut 20 truk dari Rafah.
     Pada Oktober 2012, ketua Komite Qatar untuk Pembangunan Kembali Jalur Gaza, Muhammad al-Emadi, mengatakan semua bahan akan dikirim melalui Mesir tidak melalui Israel.
     Qatar telah menyumbangkan 407 juta dolar AS dan Negara-negara teluk telah membiayai lebih dari 20 proyek untuk pembangunan kembali Jalur Gaza yang telah dimulai dua minggu lalu.(T/R-022/R-008).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply