KOMITE REKONSILIASI HAMAS-FATAH ADAKAN PERTEMUAN JARAK JAUH

        Kota Gaza, 16 Rabiul Awal 1434/28 Januari 2013 (MINA) – Para Pejabat Palestina mengatakan dua komite  yang bertugas melaksanakan kesepakatan rekonsiliasi warga Palestina  melakukan video konferensi pada Ahad (27/1).

 

       “Anggota komisi rekonsiliasi sosial yang berbasis di Tepi Barat dan Gaza  berbicara melalui video konferensi dengan komite kebebasan publik,” kata anggota parlemen Ashraf Juma, menurut laporan Ma’an yang diterima Kantor Berita Mi’raj (MINA) Senin (28/1).

 

        Para anggota parlemen mengatakan pertemuan tersebut merupakan hasil dari pertemuan 17 Januari 2013 di Kairo antara para pemimpin Hamas dan Fatah.

 

        Kepala Hamas Khalid Mashaal dan Presiden Fatah Mahmoud Abbas setuju menetapkan jadwal rekonsiliasi  Mei 2011 pada pertemuan  Kairo itu.

 

        Pertemuan itu di antaranya menyepakati dibentuknya komite untuk mengembangkan dan mengaktifkan pertemuan-pertemuan rekonsiliasi bagi pembebasan Palestina, di samping menyepakati Undang-Undang Pemilihan Dewan Nasional Palestina dan pembentukan suatu komisi pemilihan Dewan Nasional di luar negeri.

 

        Delegasi Hamas Abu Marzuq  pada pertemuan 17 Januari 2013 itu mengatakan pelaksanaan lanjutan kegiatan Komisi Pemilu Nasional akan dilaksanakan di Tepi Barat maupun Jalur Gaza, paling lambat sampai 30 Januari mendatang.

 

        Koresponden MINA di Kota Gaza melaporkan, pemerintah Mesir yang memfasilitasi pertemuan sangat menghargai keseriusan kedua belah pihak dalam merespon berbagai aspirasi dan tuntutan rakyat Palestina. Mesir akan terus mengawal jalannya proses pelaksanaannya serta akan berusaha untuk mengatasi setiap hambatan yang mungkin terjadi.

 

       Komite rekonsiliasi pada Ahad (27/1) membahas pembebasan tahanan politik, dan cara mengatasi mereka yang tewas dan terluka dalam pertempuran antar-faksi  hingga menyebabkan perpecahan kedua belah pihak pada 2007.

 

         Juma mengatakan ia masih memiliki harapan rekonsiliasi  yang sudah terkatung lama dapat diimplementasikan meskipun suasana tegang dalam beberapa hari terakhir  masih terasa karena penangkapan wartawan di Gaza.(T/P10/R-006)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply