KRITISI MEDIA MASA DALAM ISU HAM

       Jakarta, 1 Rabiul Awwal 1434 H / 13 Januari 2013 (MINA) – Permasalahan terorisme yang selama ini dituduhkan kepada orang Islam harus dikritisi media, kata pengacara Munarman,SH dalam Workshop dan Seminar tentang Islamic Human Rights di Jakarta (13/1).
       “Media di Indonesia belum sepenuhnya berimbang dalam memberitakan informasi. Bila beritanya seputar terorisme, maka yang langsung dituduh pasti umat Islam. Padahal itu semua belum tentu. Belum pernah ada tersangka lain yang dituduh selain dari Islam,” ujar Munarman.   

   Menurutnya, dalam catatan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) disebutkan bahwa kurang lebih 800 orang yang dituduh sebagai teroris telah ditangkap, 200 di antaranya sudah dibebaskan dan 600 lainnya sedang menjalani proses hukum. Bahkan dari jumlah tertuduh tersebut, sejumlah 50-60 ditembak mati di tempat tanpa melalui proses hukum.
       Media masih belum cukup berani mengekspos ke publik mengenai kebenaran sebuah fakta dalam masalah ini. Karena itu kita harus terus mengkritisi media masa dalam isu HAM ini, paparnya. (L/R-009/R-005).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply