MENLU IRAN TEMUI PRESIDEN MURSI BAHAS ISU SURIAH

     Teheran, 29 Shafar 1434/11 Januari 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi dalam pertemuan dengan Presiden Mesir Muhammad Mursi di Kairo pada Kamis (10/1) membahas hubungan bilateral kedua negara serta perkembangan regional dan internasional terbaru.

     Berdasarkan laporan Fars News Agency yang diterima Kantor Berita Mi’raj (MINA) isu Palestina dan Suriah merupakan salah satu di antara topik yang dibahas oleh kedua petinggi  tersebut. Sehari sebelumnya, Salehi mengadakan pembicaraan dengan rekan Mesirnya Mohammed Kamel Amr mengenai krisis Suriah, kata para pejabat, sehari setelah ia bertemu utusan perdamaian PBB untuk Suriah, Lakhdar Brahimi.
     Kementerian luar negeri Mesir mengatakan Salehi dan Amr berdiskusi mengenai krisis Suriah dan bermaksud menemukan solusi untuk konflik di sana.
   Wakil Menteri Luar Negeri Turki Feridun Sinirlioglu akan bertemu pejabat Rusia membahas perkembangan Timur Tengah, khususnya di Suriah. Pada penghujung 2012, Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) melaporkan jumlah pengungsi Suriah yang terdaftar di negara-negara tetangga mencapai hampir dua kali lipat. Sejak awal September lebih dari 440.000 orang.
     Badan itu mengatakan saat ini sebanyak 127.420 pengungsi Suriah terdaftar di Lebanon, 125.670 di Yordania, 123.747 di Turki, 55.685 di Irak dan 9.734 di negara-negara Afrika Utara, dan jumlah itu terus meningkat sampai saat ini.
    Lebih dari 60.000 orang tewas dalam perang saudara di Suriah. PBB mengatakan jumlah korban tewas meningkat secara drastis dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.(T/R-010/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply