MESHAL PUJI PEMERINTAH GAZA IJINKAN HUT FATAH

       Gaza, 24 Shafar 1434/6 Januari 2013 (MINA/Ma’an) – Pimpinan Hamas Khaled Meshaal dan wakilnya, Mousa Abu Marzouq, memuji keputusan pemerintah Gaza yang memfasilitasi perayaan Hari Jadi Fatah, Sabtu (5/1).

       Para pemimpin Hamas memberikan banyak tanggapan kepada Perdana Menteri Ismail Haniya.Mereka menggambarkan langkah tersebut menunjukkan kemajuan besar situasi nasional Palestina.
       Para pejabat Fatah mengatakan bahwa ratusan ribu orang menghadiri perayaan di al-Saraya Square, Gaza City untuk melihat pidato rekaman pimpinan Fatah Presiden Mahmud Abbaspada Jumat (4/1).
       “Sebentar lagi kita akan mencapai persatuan dan mengakhiri pendudukan, mengibarkan bendera Palestina di Al-Aqsha dan Yerusalem,” kata Abbas.
       Haniyamengucapkan selamat kepada Abbas atas ulang tahun ke-48 Fatah.
       Abbas juga menyampaikan terima kasihnya kepada PM Palestina tersebut karena telah mengijinkan Fatah merayakan Hari Jadinya yang ke-48 di Gaza serta menyatakan kesediaan untuk memulai fase baru dalam bekerja sama dan menjalin hubungan yang lebih baik.
       Perayaan tersebut merupakan pertama kalinya Hamas menijinkan Fatah mengadakan acara-acara seperti itu sejak memenangi pemilu pada tahun 2007.Kondisi ini memunculkan harapan untuk meningkatnya hubungan baik antara kedua faksi politik tersebut.
       “Keberhasilan pawai ini adalah keberhasilan bagi Fatahdan jugaHamas,” kata juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri.
       “Suasana yang positif merupakan langkah baik menuju persatuan nasional”.
Seorang pejabat Mesir mengatakan, Kairo sedang mempersiapkan mengundang faksi melakukan negosiasi baru dalam waktu dua minggu ini.
       Kesepakatan rekonsiliasi yang ditengahi Mesir antara Fatah dan Hamas telah berulang kali terhenti, namun delapan hari perang Israel di Gaza telah memberikan dorongan politik untuk mengakhiri perpecahan.
       Seperti diberitakan sebelumnya, perdana Menteri Ismail Haniyah sepakat untuk membiarkan Fatah menggunakan wilayah persegi Hamas sebagai tempat merayakan ulang tahun Fatah.
       Tak heran ribuan warga Gaza pada Jumat (4/1/2013) lalu, turut serta merayakan ulang tahun  ke-48 partai tersebut. Fatah didirikan oleh pemimpin Palestina Yasser Arafat pada tahun 1965.
       Ini adalah pawai pertama untuk partai Fatah di jalur Gaza sejak Hamas menguasai wilayah itu pada tahun 2007. Anggota Fatah hadir di Gaza untuk berpartisipasi merayakan ulang tahun Fatah.(T/R-007/R-008).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply