MESIR TANGKAP MANTAN TENTARA ISRAEL DI SINAI

      Kairo, 20 Shafar 1434/1 Januari 2013 (MINA) – Para pejabat keamanan Mesir mengatakan mereka telah menangkap seorang mantan sersan tentara Israel setelah secara ilegal masuk dari Israel ke Semenanjung Sinai, Mesir, sebagaimana ABC News melaporkan.

      Pihak berwenang Mesir mengatakan seorang pria Israel bersenjata berusia 24 memasuki Mesir di dekat persimpangan Taba.
      Dia ditahan oleh pihak berwenang Mesir, Senin. Para pejabat mengatakan ia berusaha untuk mencapai Jalur Gaza melalui Sinai untuk berjuang bersama rakyat Palestina. Dia diidentifikasi bernama Andre Yaacoub.
      Namun, dia juga dikenal dengan nama lain Andre Pshenichnikov, seorang imigran Yahudi dari Tajikistan. Pria itu menjadi berita utama awal tahun ini ketika ia mengumumkan bahwa dirinya ingin meninggalkan kewarganegaraan Israel dan pindah ke sebuah kamp pengungsi Palestina di Tepi Barat. Namun pihak Palestina tidak memercayainya.
      Pshenichnikov telah berulang kali mencoba bergabung dengan Tepi Barat dengan alasan dirinya tidak ingin lagi hidup berdampingan dengan Yahudi di perbatasan, tapi PA selalu mengeluarkannya dari Tepi Barat dengan alasan pemuda tersebut mencurigakan.
      Bersama pemuda-pemuda Palestina di Tepi Barat, Pshenichnikov memang terlihat ikut melempari tentara Israel dengan batu. Tetapi dia juga bicara dalam bahasa Ibrani di telepon genggamnya. Di Israel pemuda itu tercatat sebagai aktivis asing.
      Namun sehubungan penangkapan pemuda Israel di Semenanjung Sinai tersebut, para pejabat Mesir berbicara tanpa menyebut identitas mantan tentara Israel yang ditangkap itu karena mereka tidak berwenang untuk memberitahu kepada wartawan. (T/R-011/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply