MURSI ANGKAT GUBERNUR BARU BANK SENTRAL MESIR

   Kairo, 30 Shafar 1434/12 Januari 2013 (EI/MINA) – Hesham Ramez, CEO Bank Komersial Internasional, telah ditunjuk sebagai gubernur baru dari Bank Sentral Mesir (CBE), kata juru bicara presiden Yasser Ali pada konferensi pers hari Kamis, sebagaimana egyptindependent melaporkan melalui situs resminya, Jum’at yang dikuti Miraj News Agency.

    Presiden Muhammad Mursi memilih Ramez sebagai pengganti mantan gubernur Farouk al-Oqda. Ramez dan Oqda hadir pada konferensi pers tersebut.
    Pakar investasi perbankan Karim Helal, penasehat investment banking  dan Ketua Asosiasi Bisnis Mesir menyambut baik pengumuman itu.
    “Saya pikir dia bukan hanya pilihan yang sangat baik, tapi satu-satunya pilihan, tanpa keraguan. Saya pikir itu berita yang sangat baik. Dia adalah orang yang paling memenuhi syarat untuk menghadapi tantangan yang kita miliki,” kata Helal.
    Di antara tantangan-tantangan yang akan dihadapi oleh Ramez adalah mengamankan pinjaman 4,8 miliar US $ dari Badan Moneter Internasional (IMF), memperbaiki kekurangan cadangan dan menstabilkan mata uang.
    Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata telah memperbarui kontrak Oqda untuk empat tahun pada November 2011, menjaganya sebagai Gubernur CBE sampai November 2015.
    Namun baru-baru ini dia mengundurkan diri, tetapi dia menyangkal hal itu karena penurunan  pound Mesir terhadap dolar AS selama masa jabatannya. Oqda juga membantah laporan bahwa ia mengundurkan diri karena kebijakan keuangan Kabinet. Dia menekankan bahwa perdana menteri tidak pernah ikut campur dalam urusan bank.
    Oqda juga mengatakan bahwa pound Mesir akan stabil dalam waktu singkat. Ramez setuju dengan penilaiannya, terutama mengingat bahwa inflasi stabil.(T/R-011).

Miraj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply