MURSI: PEMILU PARLEMEN DILAKSANAKAN DALAM WAKTU 3-4 BULAN

    Kairo, 13 Rabiul Awal 1434/25 Januari 2013 (MINA) – Presiden Mesir Muhammad Mursi mengumumkan, pemilihan parlemen harus dilakukan dalam waktu tiga sampai empat bulan.

   “Pemilihan parlemen harus dilaksanakan dalam waktu tiga sampai empat bulan. Mesir telah mencapai stabilitas politik dan demokrasi jauh dari selama periode masa lalu,” kata Mursi  saat membuka pameran buku internasional Cairo International Book Fair ke-44 dua hari yang lalu.

       Layanan Informasi Negara Mesir (State Information Service /SIS) dalam siaran persnya yang diterima Mi’raj News Agency (MINA), Jum’at pagi (25/1), melaporkan Mursi mengatakan sebuah undang-undang baru diperlukan untuk memberikan lebih banyak ruang bagi kebebasan publikasi dan kreativitas.

    “Hal ini harus menjadi prioritas parlemen mendatang untuk mengesahkan undang-undang yang memungkinkan bagi kebebasan publikasi dan kreativitas,” kata Mursi dalam pertemuannya dengan penerbit-penerbit berskala Internasional.

     Presiden Mursi menyorot  slogan pameran buku internasional itu “Dialog bukan Perselisihan” sebagai tema yang baik. Mursi mencatat, keragaman pendapat membuat Mesir kuat daripada sebelumnya.

        Mursi juga menyinggung Revolusi yang terjadi di negara-negara Arab yang mencerminkan aspirasi rakyat untuk mendorong perubahan.

       Libya, sebuah negara revolusi Arab, adalah tamu kehormatan dari pameran buku internasional yang dilaksankan setiap tahun sejak tahun 1969. “Ini adalah pilihan yang baik karena Libya telah mengalami penindasan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” jelas Mursi.

       Mursi mengatakan penerbit memainkan peran penting dalam menyebarkan pengetahuan.

        “Anda memiliki tanggung jawab besar dalam tahap ini untuk mendokumentasikan, mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang Revolusi,” katanya. “Kami ingin mendokumentasikan Revolusi rakyat,” tambah Mursi. (T/R-022/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply