MUSLIM OXFORDSHIRE RENCANA BANGUN MASJID

     Inggris, 23 Shafar 1434/5 Januari 2013 (MINA) – Komunitas Muslim di kota Chipping Norton sebelah tenggara Oxfordshire Barat, Inggris telah mengajukan rencana baru untuk membuat masjid pertama mereka di wilayah tersebut agar ditempati warga Muslim yang telah tinggal di kota itu selama tiga dekade tanpa tempat ibadah.

     “Muslim di Chipping Norton sudah ada sekitar 30 tahun dan saya sudah tinggal di sini selama 24 tahun,” kata anggota dewan kota Chipping Norton, Tahirul Hasan dilansir Banbury The Guardian yang dikutip Media Islam OnIslam.net dan diterima Mi’rajnews Agency, Sabtu siang (5/12).
     “Setiap hari jumlah populasi kami tumbuh dan kami sudah cukup menjadi sebuah komunitas besar sekarang,” kata Hasan menambahkan. Usulan pembangunan masjid, dipelopori oleh Hasan. Ia mengusulkan untuk mengubah lantai dasar sebuah toko bekas di daerah West Street agar digunakan sebagai tempat untuk menunaikan shalat.
     Usulan itu akan melibatkan pengubahan lantai dasar bangunan dimana Hasan akan memberitahukan usulan tersebut kepada seorang pemilik tanah pribadi itu. Lantai pertama bangunan akan disewakan secara terpisah.Rencananya, masjid yang dibangun akan digunakan oleh warga Muslim dari seluruh Oxfordshire Barat.
     Pembangunan masjid itu akan didanai sepenuhnya dari hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh komunitas Muslim pada saat menunaikan shalat berjama’ah. Usulan pembangunan masjid telah diajukan kepada Dewan wilayah Oxfordshire Barat (West Oxfordshire District Council/WDOC)
     Menurut data terbaru dari Sensus Inggris Raya, jumlah penduduk Muslim di England dan Wales meningkat sebesar 80 persen (1,2 juta), dari 1,5 juta pada tahun 2001 menjadi 2,7 juta pada tahun 2011, sehingga Islam menjadi agama terbesar kedua di Inggris Raya.
     Sementara itu, jumlah penduduk Kristen di England dan Wales turun sebesar 11 persen (4,1 juta) selama dekade terakhir, dari 37,3 juta pada tahun 2001 menjadi 33,2 juta pada data sensus yang dilakukan tahun 2011 itu.

     Bukanlah Pertama Kali

     Hasan, yang juga menjalankan amal untuk membantu dana pendidikan bagi anak-anak Muslim sebenarnya berasal dari Bangladesh, sangat antusias menegaskan bahwa masjid akan memiliki dampak yang terbatas bagi warga sekitar.
     “Di kota Chipping Norton terdapat 6.000 orang dan mereka memiliki banyak gereja di kota, jadi mengapa Kita tidak memiliki?” kata Hasan.
      Upaya untuk membangun masjid Chipping bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh anggota dewan kota itu. Pada tahun 2007, Hasan telah gagal untuk mengajukan usulan pertama kali tentang pembangunan masjid.
      Dia mengatakan, berharap warga di Chipping Norton sekarang akan mendukung rencana komunitas Muslim itu. “Saat ini anak-anak kita tidak tahu apa masjid itu dan kami ingin mereka dapat tumbuh mengetahui seperti apa bentuk masjid,” tambah Hasan. (T/R-022/R-008).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply