MUSLIM THAI DESAK PEMERINTAH BERI RUMAH MUSLIM ROHINGYA

    Bangkok, 7 Rabiul Awal 1434/19 Januari 2013 (MINA) – Muslim di Thailand telah meminta pemerintah untuk menghentikan deportasi sekitar 800 migran Rohingya yang memasuki kerajaan di Selatan, demikian yang dilaporkan Thai News Agency pada Jum’at (18/1).

   Komite Islam Sentral Thailand mengatakan pada Kamis bahwa Thailand harus memberikan perlindungan bagi para migran Rohingya sambil mencari negara ketiga untuk membawa pengungsi itu kembali ke Myanmar.

   Kelompok ini juga mengusulkan masjid yang berada di pusat selatan provinsi Songkhla sebagai tempat penampungan sementara untuk para migran muslim Rohingya sampai mereka mendapat pemukiman yang sesuai untuk mereka.

  Kamis lalu, Tawee Sodsong, Sekretaris Jenderal Administrasi dari Pusat Provinsi Perbatasan Selatan dan Gubernur Songkhla Krisda Bunrat mengunjungi anak-anak Muslim Rohingya dan kaum perempuan di tempat penampungan sementara di Songkhla pada Kamis. Pejabat kesehatan Thailand itu mengunjungi kamp untuk mengecek kesehatan para pengungsi.

   Pol Kol Tawee kepada Xinhua yang dikutip oleh Mi’raj News Agency (MINA) mengatakan para pengungsi itu bukan kelompok migran Rohinya pertama yang sengaja memasuki Thailand. Karena itu, Departemen Luar Negeri dan Dewan Keamanan Nasional harus mencari solusi jangka panjang dan bantuan kepada etnis Muslim Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar.(T/R-012/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply