NEGOSIATOR SENIOR AFGHAN OPTIMIS CAPAI PROSES PERDAMAIAN

      Kabul, Afghanistan, 20 Shafar 1434/1 Januari 2013 (KP/MINA) – Negosiator senior Dewan Tinggi Afghanistan, Muhammad Masoon Stanekzai mengatakan ia optimis tentang prospek rekonsiliasi dengan Taliban dan semua pihak sekarang menyadari solusi militer untukperang itu tidak mungkin, Khaama Press melaporkan kepada MINA melalui situs resminya, Selasa.

      Kepada Reuters Stanekzai mengatakan, pemerintah Kabul berharap mengubah TalibanAfghanistan yang telah terbukti tangguh setelah lebih dari satu dekade perang melawanpimpinan NATO dan pasukan Afghanistan, menjadi suatu gerakan politik.
      Mantan Menteri Komunikasi periode 2002 – 2004 itu lebih lanjut menambahkan jaringanHaqqani akan bergabung dalam pembicaraan damai jika kelompok Taliban memulainegosiasi formal dengan pemerintah Afghanistan.
      Ketika pasukan tempur NATO bersiap-siap meninggalkan Afghanistan pada tahun 2014, Dewan Tinggi Perdamaian Afghanistan tampaknya telah mendapatkan momentum dalam upaya membujuk Taliban untuk meletakkan senjata dan bergabung dalam prosesrekonsiliasi.
      “Saya pikir salah satu konsensus adalah semua orang mengakui bahwa tak seorang pun akan menang oleh militer,” kata Stanekzai yang pernah terluka parah dalam sebuah serangan bom 2011. “Semua orang mengakui bahwa kita harus masuk ke dalam sebuah negosiasi yang berarti,” lanjutnya.
      Sementara itu Pakistan membebaskan delapan anggota Taliban Afghanistan dari penjara, Senin, termasuk mantan Menteri Kehakiman Taliban, dalam upaya untuk meningkatkan proses perdamaian di negara tetangga Afghanistan. Kabul telah menekan tetangganya untuk membebaskan para tahanan harapan akan membawa Taliban ke meja perundingansebelum pasukan Amerika pulang. (T/R-011/R-008).

 

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply