PEJUANG TALIBAN ANCAM PERANG JIKA PASUKAN AS TETAP BERTAHAN

     Kabul, 24 Shafar 1434/6 Januari 2013 (Khaama/MINA) – Kelompok pejuang Taliban di Afghanistan mengeluarkan  pernyataan, Sabtu, yang memperingatkan akan terjadi perang berkepanjangan di Afghanistan jika pasukan asing tetap ada setelah akhir 2014, sebagaimana yang diterima Miraj News Agency dari Khaama Press, Ahad pagi.

     Kabul dan Afghanistan akan membahas tentang “sisa” pasukan Amerika Serikat (AS) setelah 2014. Presiden Afghanistan Hamid Karzai akan bertemu dengan Barack Obama untuk membahas fakta keamanan jangka panjang antara kedua negara yang akan memungkinkan adanya penempatan tentara AS di negara itu melampaui 2014.
     “Jika Amerika ingin meninggalkan sejumlah kecil atau besar pasukannya dengan alasan apa pun dalam jangka waktu tertentu, maka itu berarti perang dan kehancuran akan terus terjadi di daerah untuk jangka yang sama,” kata sumber Taliban itu.
     Sumber itu lebih lanjut menambahkan, “Jika Karzai dan rezim Kabul setuju dengan kehadiran tentara Amerika, bahkan seorang tentara pun,  maka seperti saat ini, mereka juga bertanggung jawab untuk semua permusuhan di masa depan, korban dan kehancuran.”
     Di sisi lain pejabat AS mengatakan bahwa Gedung Putih bersedia untuk mempertahankan 10.000 hingga 15.000 tentaranya di Afghanistan. Komandan Amerika di Afghanistan, Jenderal John Allen telah menyerahkan rekomendasi kepada Pentagon untuk mempertahankan 6.000 sampai 20.000 tentara AS di negara itu setelah 2014.(T/R-011/R-008).

 

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply