AKTIVIS SUDAN : UMAT ISLAM INDONESIA SUDAN SATU KESATUAN

       Khartoum, 7 Rabiul Awal 1434/19 Januari 2013. (MINA) – Ketua Lembaga Kemanusian Salsabila Sudan Dr. Jabir Al-Anshari Ma’ruf, mengatakan dalam pertemuan tahunan yang diadakan Lembaga Persahabatan Indonesia-Sudan (LPIS) bahwa umat Islam Indonesia dan Sudan merupakan satu kesatuan, terutama dalam akidah Islam.
       “Indonesia negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia memiliki budaya yang sama dengan negara Sudan,” ujar Jabir Al-Anshari yang pernah ke Indonesia dan bertemu dengan Syekh Ahmad Sarkati Al Anshari.

       Koresponden Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency) di Sudan melaporkan, pada kesempatan sama dosen Universitas Sudan Dr. Ihsan Ibrahim, mengharapkan agar Indonesia dan Sudan terus mempertahankan hubungan baik dalam bidang-bidang yang sudah berjalan serta peningkatan pada bidang-bidang lain.
       Dr Ahmad Ibrahim, akademisi Universitas Islam Omdurman Sudan mengharapkan mahasiswa Indonesia di Sudan agar menjadi duta budaya Indonesia di Sudan dan menjadi duta budaya Sudan saat kembali pulang ke Indonesia.
       “Kami dukung kegiatan-kegiatan mahasiswa Indonesia di Sudan dan mengharapkan adanya kunjungan-kunjungan kedua belah pihak, baik Sudan ke Indonesia atau sebaliknya,” paparnya pada forum yang dihadiri beberapa mahasiswa Islam di Sudan.
       Menurut catatan Kantor Berita MINA, pemerintah Sudan dan pemerintah Indonesia selama ini menjalin kerja sama bidang pendidikan bahasa Arab dan keislaman. Pemerintah Sudan menyediakan 50 beasiswa per tahunnya bagi pelajar Indonesia yang ingin mempelajari bidang ilmu tersebut di Sudan.
       Hingga saat ini terdapat sekitar 300 pelajar Indonesia yang belajar di Sudan. Mayoritas pelajar Indonesia itu berasal dari pesantren serta memang sedang mempelajari bahasa arab, ilmu keislaman, dan lainnya. (L/B09/R05).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply