PRESIDEN AFGHANISTAN KARZAI TEMUI OBAMA UNTUK BERUNDING

      Kabul, 27 Shafar 1434/9 Januari 2013 (MINA) – Presiden Afghanistan Hamid Karzai berencana mengadakan perundingan penting dengan Presiden Amerika Barack Obama di Washington Jumat (11/1) membicarakan jumlah tentara AS yang akan tinggal di Afghanistan setelah 2014, kata seorang pejabat senior.
      Berbagai isu lainnya juga akan dibahas, termasuk sikap Amerika terhadap biro politik Taliban di Qatar, kontrol pusat tahanan terbesar di Bagram, dan bantuan internasional untuk Afghanistan.

      Pertemuan tersebut merupakan pertama kalinya antara kedua pemimpin sejak Obama terpilih lagi, seperti dilansir Pajhwok Afghan News (PAN).
Presiden Karzai didampingi menteri luar negeri, ketua komisi transisi keamanan dan perdamaian, penasihat keamanan nasional, dan pejabat lain.
      “Di samping soal penarikan pasukan di Afghanistan, AS berencana mempertahankan sebagian pasukannya dan akan melatih pasukan Afghanistan,” ujar pejabat.
      Pejabat yang tidak disebut namanya itu mengatakan, Afghanistan akan menyampaikan persyaratan tentang pasukan AS yang akan tetap berada di Afghanistan selama transisi keamanan.
      Menjelang kunjungan, Gedung Putih mengatakan bahwa Obama berharap membahas transisi keamanan di Afghanistan dengan Presiden Karzai dan berbicara tentang visi antar kedua negara.
      Presiden Afghanistan akan mendesak Presiden AS untuk memenuhi peralatan militer Afghanistan, terutama persenjataan berat, angkatan udara dan medis. (T/R-009/R-005).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply