PRESIDEN SBY MINTA SURIAH SELESAIKAN KONFLIK

       Bogor, 26 Shafar 1434/8 Januari 2013 (Setkab/MINA) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meyerukan Suriah agar segera menyelesaikan konflik untuk menghentikan pertumpahan darah dan menghindari jatuhnya korban sipil lebih lanjut.

        Dalam pertemuan dengan sejumlah ulama ahli tafsir yang dipimpin Syekh Muhammad Ali Ash-Shobuni di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/1) pagi, SBY mengemukakan tiga langkah yang dapat ditempuh dalam menyelesaikan konflik di Suriah.

       “Pertama adalah hentikan konflik, kedua berikan bantuan kemanusiaan, dan ketiga transisi politik kearah pemerintahan yang bersikap melindungi masyarakat,” kata Staf Khusus bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah.

       Ketika menjelaskan, posisi Indonesia dalam penyelesaian konflik Suriah, Faizasyah mengatakan bahwa Presiden SBY sudah berbicara dengan tokoh-tokoh dari negara Negara Muslim, seperti Turki, Mesir dan Pakistan mengenai bagaimana PBB dan masyarakat internasional harus mencari solusi bagi masalah di Suriah.

       Konflik Suriah sudah berlangsung selama 21 bulan sejak pertama kali meletus. Awalnya merupakan perang antara pemerintah melawan oposisi yang menginginkan Assad lengser, namun sampai sekarang menjadi perang saudara yang melibatkan masyarakat sipil.

      Menurut data PBB, jumlah korban meninggal sebanyak 60.000 jiwa. Kekacauan terjadi di seluruh pelosok negeri. Jaringan internet dimatikan, bandara internasional dilumpuhkan, dan keamanan pun hilang. (T/R-022/R-006)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply