PRESIDEN TUNISIA KUNJUNGI GAZA AWAL FEBRUARI

      Gaza, 9 Rabiul Awal 1434/21 Januari 2013 (Ma’an/MINA) – Sekjen Dewan Kabinet Palestina di Gaza, Abdul Salam Sheyam, mengatakan, Presiden Tunisia Moncef Marzouki akan tiba di Jalur Gaza pada awal Februari mendatang, dalam rangka kunjungan solidaritas untuk rakyat Palestina dan Jalur Gaza. “Pemerintah sedang melakukan persiapan yang diperlukan untuk menyambut kedatangan Presiden Tunisia di Jalur Gaza,” Kata Sheyam.

    Dia mengatakan, Presiden Mincef Marzouki, merupakan tamu besar dan sangat berpengaruh di dunia Arab, dunia Islam dan Afrika Utara.
    Dia menegaskan, kunjungan ini akan memiliki efek politik dan non politik pada situasi Palestina serta hubungan persaudaraan antara bangsa Palestina dan Tunisia. Dia memuji peran kepemimpinan Tunisia yang baru dalam mendukung dan menyokong Palestina.
    Sheyam menjelaskan bahwa kunjungan Presiden Tunisia ini akan didahului oleh kunjungan Perdana Mentri, Malaysia Muhammad Najib, pada pertengahan pekan ini, yang didampingi para menteri senior dan berbagai tim. Najib juga akan mengunjungi beberapa lokasi di Gaza yang hancur oleh serangan Israel pada November lalu di Gaza.
    Ia menjelaskan kembali, bahwa ini merupakan kunjungan pertama kalinya yang dilakukan perdana menteri dari negara-negara Islam ke Jalur Gaza.
    Dia juga menyatakan adanya informasi seputar kunjungan lain yang dilakukan Presiden Sudan, Omar al basher ke Jalur Gaza. “Tidak mungkin dipastikan kunjungan itu dalam waktu dekat,” tegas Sheyam.
    Dia mengatakan, setiap kunjungan presiden atau pejabat Arab ke Palestina akan mendapatkan penyambutan dengan baik, Kunjungan itu sekaligus membuktikan konsen dukungan dari saudara-saudara Palestina.
    Dia mengatakan, kunjungan para pejabat Arab merupakan kemenangan Hamas dalam konflik baru-baru ini dengan Israel.
    Dalam pasca pertempuran, Sebulan sebelumnya, Emir Qatar melakukan kunjungan bersejarah ke Jalur Gaza, kepala negara pertama kalinya untuk memasuki Gaza sejak tahun 1999.(R-018)

MIRAJ NEWS AGENCY (MINA)

Leave a Reply