REFERENSI MUSLIM DI PERPUSTAKAAN AMERIKA

      Carolina Timur, 1 Rabiul Awal 1434/13 Januari 2013 (MINA) – Bantuan pemerintah pusat untuk menyediakan koleksi buku, film, dan sumber informasi lainnya tentang Muslim di perpustakaan-perpustakaan Amerika Serikat akhir-akhir ini mengundang perdebatan setelah seorang anggota kongres Carolina Timur mendesak perpustakaan untuk menolaknya.
      Mengambil sikap kontra terhadap keputusan pemerintah pusat itu, seorang reporter AS Walter Jones mengatakan kepada Havelok News, “Bagi saya mengerikan mendengar agen pemerintah seperti National Endowment For Humanities (NEH) membuang-buang uang pajak untuk program seperti ini.”

      Program “Bridging Cultures Bookshelf: Muslim Journeys” dikembangkan oleh Sumbangan Nasional untuk Kemanusiaan (National Endowment For Humanities/NEH) dan Assosiasi Perpustakaan Amerika, menurut laporan OnIslam.net yang diterima Kantor Berita Mi’raj (MINA) Sabtu (12/1).
      Bantuan itu diberikan kepada sekitar 50 perpustakaan dan Dewan Kemanusiaan di Michigan, Amerika Serikat. Masing-masing perpustakaan akan menerima 25 buku, tiga film dan satu tahun akses ke belajar online Islam Oxford.
      Judul buku-buku tersebut meliputi: “Kupu-Kupu Masjid: Perjalanan Seorang Wanita Muda Amerika Untuk Cinta dan Islam,” “Sejarah Al Quran,” “Muhammad,” dan “Sebuah Revolusi Damai: Kabut Kebangkitan dari Timur Tengah ke Amerika .”
      NEH mengatakan ingin menyediakan sumber daya untuk meningkatkan koleksi perpustakaan dan kapasitas mereka terhadap masyarakat dalam upaya memberikan sumber daya yang dipercaya tentang keyakinan dan praktek Islam.
      Sebuah jajak pendapat Gallup pada Agustus 2011 menyimpulkan mayoritas orang Muslim Amerika setia kepada negara mereka dan optimis tentang masa depan mereka di Amerika Serikat.
     Meskipun ada kontroversi tentang itu, pejabat di Craven Community College menyambut baik buku-buku baru yang menawarkan informasi tentang Muslim AS dari sumber yang terpercaya itu. “Sebuah lembaga pendidikan tinggi selalu mencari cara untuk menavigasi masyarakat global,” kata Ketua Dewan Pembina Wilayah Craven, Carol Mattocks.
     Judy Eurich seorang direktur pemasaran, komunikasi dan humas pengembangan di Universitas Craven mengatakan, “hal ini cocok dengan misi perguruan tinggi kami untuk memperbaiki dan meningkatkan kehidupan individu serta masyarakat dengan memberikan kesempatan bagi siswa dalam menghadapi masyarakat global”.
     “Bridging Cultures Bookshelf: Muslim Journeys” adalah program kumpulan 25 buku yang dipilih untuk membantu khalayak umum di Amerika Serikat menjadi lebih akrab dengan orang-orang, tempat, sejarah, iman dan budaya umat Islam di seluruh dunia. Termasuk yang diberikan kepada 1.000 perpustakaan di seluruh AS itu pada Desember 2012 untuk digunakan dalam penyajian program publik pada 2013.(T/R-010/R-008).

 

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply