SBY TERIMA KUNJUNGAN AHLI TAFSIR SYEIKH ASH-SHOBUNI

       Bogor, 26 Shafar 1434/8 Januari 2013 (MINA) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kunjungan istimewa sejumlah ulama ahli tafsir yang dipimpin Syekh Muhammad Ali Ash-Shobuni.
       “Semoga silaturahim kita memberikan kebaikan bagi kita semua,” kata Presiden SBY menyambut tamunya di Istana Bogor Senin (7/1) pukul 09.00 WIB.
Ash-Shobuni adalah ulama asal Suriah yang kini mengajar tafsir Alquran di Universitas King Abdul Azis, Arab Saudi.       

       Ash-Shobuni datang bersama Ahmad Mujahid bin Muhammad Ali Ash-Shobuni dari Arab Saudi, H. Kechik dari Malaysia, serta Salin Hasan Barakwan, Nopel Abdullah Al-Kaff, Abbas, dan Ustadz Kamal Hasan dari Indonesia.
       Dalam siaran pers kepresidenan yang diterima Mi’raj News Agency, SBY mengatakan, dia ingin mendengarkan pandangan dan nasihat-nasihat yang diberikan Syeikh Shobuni kepada semua yang mengemban tugas di Indonesia, terutama yang beragama Islam untuk dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya.
       Ash Shabuni memberikan apresiasi atas kepemimpinan Presiden dan berharap ke depan Indonesia akan lebih maju.

      “Beliau menyatakan memiliki harapan bahwa Indonesia akan terus lebih maju lagi,” kata Faizasyah Staf Khusus presiden bidang Hubungan Internasional.
Syekh kelahiran Aleppo, Suriah, pada tahun 1930 tersebut juga menyampaikan keprihatinannya atas masih berjatuhannya korban kemanusiaan yang terjadi di Suriah.

      Selain bertemu dengan Presiden SBY, para ahli tafsir tersebut juga diagendakan berkunjung ke Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk bertemu para ulama.
SBY juga mengapresiasi kontribusi Syekh Muhammad Ali Ash-Shobuni dalam membawa keteguhan dan kebaikan di seluruh dunia.
       Dalam pertemuan itu,dihadiri pula oleh Mensesneg Sudi Silalahi, Menag Suryadharma Ali, Seskab Dipo Alam, Jubir Julian Aldrin Pasha, dan Staf Khusus Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah.
       Seusai menerima para ulama ahli tafsir ini, Presiden SBY menggelar rapat kabinet terbatas bidang polhukam.

Tokoh Muslim Dunia
       Syeikh Muhammad Ash-Shobuni, adalah seorang ulama senior kelahiran Aleppo, Suriah, 1930 itu kini menjadi salah seorang staf pengajar tafsir dan ulumul Qur’an di fakultas Syari’ah dan Dirasat Islamiyah Universitas Malik Abdul Aziz Makkah. Beliau Kerap memberikan kuliah-kuliah umum di Masjidil Haram. Ash-Shobuni saat ini adalah penasihat organisasi Dewan Muslim Dunia.
       Ash-Shobuni pernah dinobatkan sebagai Tokoh Muslim Dunia pada 2007 oleh Dubai International Qur’an Award (DIQA).
       Ash-Shobuni juga dikenal sebagai pakar ilmu Al Qur’an, Bahasa Arab, Fiqh, dan Sastra Arab. Beliau telah menulis sejumlah kitab tafsir Alquran.
       Di antara karya-karya beliau adalah Rawa’i Al Bayan fi Tasair Ayat Al Ahkam min Al Qur’an, Al Tibyan fi ‘Ulum Al Qur’an (Pengantar Studi Al Qur’an), Para Nabi dalam Al Qur’an (Al Nubuwah wa Al Anbiya’), Qabasun min Nur Al Qur’an (Cahaya Al Qur’an), Mukhtasar Tafsir Ibn Katsir, Mukhtashar Tafsir Al Thabari, Jammi Al Bayan, Al Mawarits fi Al Syari’ah Al Islamiyah ‘ala Dhau Al Kitab, Tanwir Al Adham min Tafsir Ruh Al Bayan, dan Shafwah Al Tafasir. (T/R-022/R-005).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply