SEBANYAK 157.490 WARGA SURIAH MENGUNGSI KE TURKI

     Ankara, 7 Rabi’ul Awwal 1434/19 Januari 2013. (MINA) – Sebanyak 157.490 warga Suriah mengungsi ke Turki meningalkan negerinya yang sedang dilanda konflik bersenjata, menurut sebuah pernyataan resmi Turki, Jumat (18/1).
     Pemerintah Turki mendirikan tenda-tenda penampungan di kota Hatay, Sanliurfa, Gaziantep, Osmaniye, Kahramanmaras, Adiyaman, dan Kilis, sumber yang dikeluarkan oleh Direktorat Kementerian dan Manajemen Bencana Darurat (Afet ve Acil Durum Yonetimi Baskanligi/AFAD).

     Pernyataan itu mengatakan pemerintah Turki membantu menyediakan tempat tinggal, makanan, layanan kesehatan, keamanan, kegiatan sosial, pendidikan, agama, dan layanan penerjemahan, seperti dilansir Future TV dan Xinhua.
     Wakil Perdana Menteri Turki Ali Babacan mengatakan, jumlah biaya bulanan membantu pengungsi sekitar 40 juta dolar AS (sekitar 388 miliar rupiah). Sedangkan jumlah bantuan yang diterima Turki dari masyarakat internasional hingga kini kurang dari 30 juta dolar (292 miliar rupiah).
     Suriah dalam keadaan darurat akibat konflik bersenjata, akibatnya sebagian besar warga mengungsi ke negara-negara tetangga seperti Libanon, Jordania, Turki dan Irak.
     Sebelumnya, Bulan Sabit Merah Turki mengirimkan 25 ton tepung, jatah untuk 17.000 orang, roti dan selimut untuk warga Suriah. Bantuan tersebut dikirim ke Suriah, untuk membantu warga yang sebagian besar wanita dan anak-anak, yang tinggal di tenda-tenda di kota Atme, dekat perbatasan Turki. (T/R19/R05).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply