SEJARAH POLITIK BAGI MUSLIM CALIFORNIA

     California, 6 Rabiul Awal 1434/18 Januari 2013 (MINA) – Labih dari dua puluh Muslim telah terpilih sebagai delegasi dari Partai Demokrat di negara bagian AS California, sebuah langkah yang dilihat sebagai tonggak untuk minoritas.
  “Muslim California membuat sejarah politik ketika 28 calon Muslim dipilih oleh Demokrat sebagai tamu dan delegasi pengganti Partai Demokrat di California (CDP),” demikian diungkapkan dalam sebuah pernyataan CDP yang diperoleh oleh OnIslam.net yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

  “Ini merupakan jumlah terbesar dari umat Islam yang pernah terpilih sebagai delegasi di California,” demikian di antara isi pernyataan CDP tersebut.
  Pemilihan diadakan pekan lalu untuk memilih delegasi dari 80 partai di distrik majlis California.Setidaknya ada 36 Muslim berada di antara ratusan calon dalam pemilihan suara untuk delegasi CDP.
  CDP ini memiliki sekitar 3000 delegasi, beberapa di antaranya ditunjuk oleh pejabat terpilih. Sekitar sepertiga dari delegasi yang dipilih setiap tahunnya bernomor ganjil melalui pemilihan yang dibagi sesuai daerahnya.
  Dua belas orang terdiri atas enam perempuan dan enam laki-laki dari masing-masing daerah  terpilih sebagai delegasi untuk menjalankan amanah selama dua tahun ke Central State Demokrat Committee (DSCC).

  Tonggak sejarah

  Pemilihan tersebut dipuji sebagai tonggak politik untuk Muslim Amerika. “Ini merupakan langkah yang luar biasa bagi umat Islam untuk terlibat lebih banyak dalam proses politik dan membuat perbedaan bagi komunitas Muslim di daerah mereka,” ungkap pernyataan CDP itu.
  Muslim AS, diperkirakan jumlahnya antara enam hingga delapan juta yang telah memainkan peran penting dalam peningkatan politik AS. Menurut pernyataa itu, umat Muslim telah menjadi sebuah blok suara penting di negeri tersebut.
  Beberapa kelompok Dewan pelindung Hubungan Amerika-Islam (CAIR) telah meluncurkan inisiatif untuk meningkatkan partisipasi politik Muslim AS.
  Sebuah kampanye yang diluncurkan oleh CAIR sebelum pemilu November termasuk panduan pemilih presiden, alat pemilih secara online pendaftaran dan video mempromosikan pendaftaran pemilih secara online.
  Kampanye ini juga mendorong umat Islam untuk menjadi sukarelawan dalam kampanye pemilu, forum calon tuan rumah dan memobilisasi anggota masyarakat untuk memilih dalam pemilu. (T/R-012/R-008).

Miraj News Agency (MINA)

 

 

 

 

Leave a Reply