TALIBAN SAMBUT BAIK OPSI PENARIKAN PENUH PASUKAN AS

         Kabul, 30 Shafar 1434/11 Januari 2013 (Khaama/MINA) – Kelompok pejuang Taliban di Afghanistan  menyambut baik berita dari Washington yang menyebutkan Amerika Serikat (AS) kemungkinan menarik semua pasukannya dari Afghanistan tahun depan, Khaama Press melaporkan melalui situs resminya, Jum’at (11/1).
        “Publik Amerika Serikat juga menekan untuk diakhirinya perang tanpa tujuan ini,” kata sumber Taliban.
       Sikap Taliban itu mengemuka terkait  adanya kunjungan Presiden Afghanistan Hamid Karzai selama empat hari di AS dan puncaknya bertemu dengan Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih, Jumat, untuk fokus merundingkan jumlah tentara Amerika yang masih akan tetap berada di Afghanistan.
        Dalam pernyataan resminya, Taliban juga mengatakan, “Kami menghargai langkah publik Amerika dan semua masyarakat yang menekan pemerintah mereka dalam isu Afghanistan agar  perang tanpa tujuan itu berakhir dan mereka mengevakuasi semua pasukannya dari Afghanistan.”

        Komentar  kelompok Taliban itu muncul di tengah persiapan  NATO untuk menarik pasukannya dari Afghanistan pada akhir 2014, namun Washington berniat meninggalkan kekuatan di Afghanistan sebagai pelatih dan pemberi saran yang akan membantu kiprah tentara dan polisi Afghanistan.

        Militer AS telah memberikan pilihan kepada Obama di mana sesedikitnya  6.000 atau 20.000 tentara akan tetap berada di Afghanistan setelah tahun 2014. Kekuatan-kekuatan itu akan bekerja sebagai penasihat untuk tentara Afghanistan supaya mereka meningkatkan operasi serangan khusus melawan Taliban dan al-Qaeda.

        Namun perwira militer AS secara pribadi berkomentar tentang penarikan total yang dirancang sebagai taktik utama dalam perundingan dengan Kabul atas perjanjian keamanan yang meliputi imunitas bagi pasukan Amerika yang belum ditarik dari Afghanistan. (T/R-011/R-002).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply