TENTARA PENYAMAR ISRAEL MENYUSUP KE BETLEHEM

    Tepi Barat, 23 Shafar 1434/5 Januari 2013 (MINA) – Sekelompok tentara Israel yang menyamar pada Jumat (4/1) menyusup ke kota Tepi Barat, Betlehem, dengan menggunakan taksi Palestina yang pernah disita tentara Israel di luar kota Beit Jala, sebelah barat laut Bethlehem.

    Menurut laporan IMEMC yang diterima Kantor Berita Mi’raj (MINA) pada Sabtu (5/1) saksi mata melaporkan empat tentara menyamar itu menahan sopir taksi Palestina, dan mengendarai  mobilnya ke Betlehem terutama di dekat daerah Makam Rachel Corrie, aktivis Amerika Pro Palestina,  dan kamp pengungsi Aida serta melalui berbagai jalan utama antara Betlehem dan Beit Jala, tidak ada penangkapan yang dilaporkan.
    Tentara Israel berulang kali menyerang Betlehem dan sekitarnya, sedangkan insiden penyamaran serupa  juga dilaporkan di terjadi di daerah itu.
    Sementara itu, pada Jumat (4/1) malam, tentara Israel menculik remaja Palestina bernama  Abu Ezeddeen Sbeih (15) ketika ia sedang berjalan di jalan utama di Ar-Raam, Yerusalem Timur. Para  tentara itu memukuli anak itu sebelum membawanya ke Kantor Polisi.
    Remaja tersebut  adalah anak Misbah Abu Sbeih, mantan tahanan politik Palestina yang berulang kali diculik dan dipenjara oleh Israel.
    Setelah gencatan senjata Israel yang ditengahi Mesir pada 21 November 2012 lalu Israel masih melakukan pelanggaran dengan melakukan kekerasan dan pembunuhan terhadap warga Palestina, terlebih lagi pada mereka di dekat perbatasan.
    Pusat Ahrar untuk Hak Asasi Manusia dan Studi Tahanan (Ahrar Center for Human Rights and Prisoners Studies) dalam laporan tahunannya mengatakan Israel telah melakukan pelanggaran HAM di Wilayah Palestina, Israel telah membunuh 290 warga di Palestina.(T/R-010/R-008).

Mi’raj News Agency (MINA).

Leave a Reply