WAKIL MENLU TURKI KE RUSIA BAHAS ISU SURIAH

      Ankara, 27 Shafar 1434/9 Januari 2013 (MINA) – Wakil Menteri Luar Negeri Turki Feridun Sinirlioglu akan bertemu pejabat Rusia membahas perkembangan Timur Tengah, khususnya di Suriah, menurut laporan Anadolu Agency yang diterima Kantor Berita Islam Mi’raj News Agency (MINA) pada Rabu (9/1).
      Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Turki, Sinirlioglu datang ke Rusis atas undangan Wakil Menlu Rusia Mikhail Bogdanov.     

      Sumber diplomatik Turki mengatakan Sinirlioglu juga akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pekan depan. Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai tujuannya ke sana.
      Pada 22 Juni 2012, Pemerintah Suriah yang dipimpin oleh Bashar Al Assad mengatakan angkatan udaranya berhasil menembak jatuh sebuah F-4 Phantom milik Turki di wilayah udara Suriah. Pesawat itu jatuh di Laut Mediterania, dekat dengan perbatasan.
      Pada 24 Juni 2012 Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengkonfirmasi, pesawat Turki ditembak jatuh di wilayah udara internasional, 13 mil laut dari Suriah.
      Juru bicara Kementerian Luar Negeri Suriah Jihad Makdissi dalam sebuah konferensi pers di Damaskus sehari kemudian mengungkapkan pesawat tempur Turki melanggar zona udara Suriah, dan angkatan udara Suriah menembak pesawat itu yang kemudian jatuh di perairan teritorial Suriah.
      Pada 28 Juni, media pemerintah Turki melaporkan Ankara mengirim konvoi sekitar 30 kendaraan militer, termasuk truk sarat dengan rudal ke perbatasan Suriah untuk berjaga-jaga.
      Perang saudara di Suriah yang memasuki bulan ke-22 itu makin memanas antara pihak Tentara Pembebasan Suriah (Free Syrian Army/FSA) dengan Pemerintah yang dipimpin Bashar Al Assad yang terus melakukan serangannya kepada warga sipil yang sampai saat ini menurut PBB membuat sedikitnya 60.000 orang meninggal.
      FSA adalah oposisi utama Assad yang telah aktif selama perang sipil Suriah. Pembentukannya diumumkan pada 29 Juli 2011 di sebuah video yang dirilis di internet.
      Pemimpin FSA Kolonel Riad al-Asaad pada Agustus 2011 mengumumkan FSA akan bekerja sama dengan seluruh demonstran untuk menurunkan Assad.(T/R-010/R-005).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply