WFP PUJI DUKUNGAN UNTUK PENGUNGSI SURIAH

    Suriah, 4 Rabiul Awal 1434/16 Januari 2013 (MINA) – Kepala badan bantuan pangan PBB menyatakan rasa terima kasihnya kepada rakyat dan Pemerintah Turki atas dukungan mereka untuk Suriah yang mencari perlindungan dari kekerasan yang berdampak pada negara mereka.
    “Itu karena respon penuh kasih dari orang-orang Turki dan Program Pangan Dunia (WFP) yang bermitra dengan Pemerintah Turki untuk membantu Suriah yang membutuhkan banyak bantuan pangan selama krisis kemanusiaan berlangsung, “kata Direktur Eksekutif WFP, Ertharin Cousin, berdasarkan rilis dari kantor berita PBB yang yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).
    Komentarnya datang pada akhir perjalanan tiga hari ke negara itu selama ia bertemu dengan para pejabat Turki di Ankara dan Istanbul dan dilanjutkan dengan kunjungan pertama ke kamp pengungsi di Kilis yang terletak di sepanjang perbatasan Turki- Suriah.
    Didampingi oleh Menteri Ekonomi Turki dan pejabat tinggi pemerintah, Cousin bertemu dengan pengungsi Suriah di Kilis.
    Menurut berita terbaru yang dirilis oleh Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), dua minggu terakhir terdapat sekitar 3.266 warga Suriah diterima di Turki dari perbatasan karena konflik Suriah terus meningkat. Kini  23 bulan sudah kekerasan telah menewaskan lebih dari 60.000 orang dan sebagian besar warga sipil.
    “Para keluarga telah melalui saat yang sangat sulit, kehilangan orang yang mereka cintai dan khawatir tentang keluarga mereka dan rumah yang mereka tinggalkan,” kata Ms Cousin.
    “Kami memiliki komitmen untuk terus mendukung pengungsi Suriah baik di Turki maupun di negara-negara tetangga lainnya. Beberapa dari mereka (pengunsi, red.) dalam kondisi sangat mengenaskan pada musim dingin ini,” tambahnya.
    Selama kunjungannya, kepala WFP juga singgah di salah satu supermarket kamp dan bertemu wanita yang menggunakan kartu elektronik disponsori WFP untuk membeli makanan segar bagi keluarga mereka.
    Sistem voucher dari PBB rencananya akan diperluas guna membantu 100.000 pengungsi  Suriah di Turki pada Juni 2013. Dengan voucher itu, memungkinkan pengungsi untuk berbelanja makanan yang mereka inginkan dan mempersiapkan kebutuhan lain yang mereka inginkan.
    Selain di Turki, pengungsi Suriah juga mengungsi di Yordania, Irak, Lebanon dan Mesir. PBB memperkirakan bahwa sampai satu juta pengungsi Suriah membutuhkan bantuan selama paruh pertama tahun 2013 ini.(T/R-012/R-008).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

One Response

  1. author

    ACTMonday, 25 April 2016 | 10:26 WIB at Reply

    Sebagai umat muslim di Indonesia yang paling penting adalah kepedulian dan solidaritas antar umat muslim, membantu suriah khusunya yang tertindas akibat perang ini
    Sama hal nya negara Timur Tengah dan juga Eropa juga memberi bantuan kepada warga dan korban pengungsi yang tak banyak bisa aktig masalah politik “perang”
    http://act.id/

Leave a Reply