10.000 PENGUNGSI SURIAH TIBA DI JORDANIA

Damaskus, 19 Rabiul Akhir 1434/1 Maret 2013 (MINA) – Sepuluh ribu pengungsi Suriah telah tiba di Jordania dalam 72 jam terakhir, sumber dari pasukan Jordania yang ada di perbatasan memberitakan kepada media. Demikian laporan Aljazeera yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA) (28/2).

Jeffrey Feltman, Sekretaris Jenderal dibawah PBB mengatakan bahwa sejumlah 150.000 pengungsi meninggalkan Suriah bulan ini untuk menghindari konflik yang kian memburuk terjebak dalam “spiral militer destruktif”.

Dia mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh pasukan Presiden Bashar al-Assad adalah lebih buruk daripada oposisi, meskipun keduanya bisa menghadapi tuduhan melakukan kejahatan perang.

“Situasi kemanusiaan menjadi lebih buruk di Suriah,” kata Feltman.

Sekarang ada 413.000 pengungsi Suriah di Jordania, PBB sendiri memperkirakan jumlahnya bisa mencapai 500.000 pada akhir bulan depan.

Empat juta orang di negara itu saat ini membutuhkan bantuan kemanusiaan. Dari jumlah tersebut, dua juta diantaranya adalah pengungsi.

PBB memperkirakan bahwa lebih dari 70.000 orang telah tewas dalam konflik yang telah berlangsung hampir dua tahun.

“Keduanya memiliki pelanggaran berkomitmen sebesar kejahatan perang, meskipun skala pelanggaran yang dilakukan oleh pihak pemerintah secara signifikan melebihi orang-orang dari oposisi,” kata Feltman.

Sementara itu, Washington Post melaporkan pada Selasa bahwa Gedung Putih sedang mempertimbangkan pergeseran dalam kebijakannya terhadap konflik di Suriah.

Laporan itu mengutip para pejabat AS dan Eropa mengatakan dapat mengirimkan pelindung tubuh dan kendaraan lapis baja untuk oposisi, dan mungkin memberikan pelatihan militer juga.

John Kerry, sekretaris negara AS, diperkirakan akan membicarakan perubahan kebijakan yang diusulkan dengan para pejabat selama sembilan negara turnya ke ibukota-ibukota Eropa dan Arab, kata surat kabar itu.

Para pejabat AS tetap menentang pengiriman senjata kepada oposisi, katanya.

Kerry berencana bertemu dengan para pemimpin oposisi Suriah pada konferensi “Friends of Suriah” di Roma pada hari Kamis.(T/P05/R2).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply