2500 BAYI SURIAH LAHIR DI TURKI

Turki, 13 Rabiul Akhir 1434/23 Februari 2013 (MINA) – Hampir 2.500 bayi Suriah lahir di kamp-kamp pengungsi Turki. Direktorat Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) menyatakan pada Jumat (22/2) jumlah warga Suriah di Turki mencapai lebih dari 180.000 selama dua tahun terakhir akibat kekerasan di negeri itu.

Menurut laporan Anadolu Agency yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA) AFAD mencatat keluarga-keluarga pengungsi tinggal di tenda-tenda dan beberapa penampungan yang didirikan di kota Turki. Hampir 2.500 bayi lahir di kamp-kamp, kata AFAD, menambahkan para pejabat telah memenuhi semua kebutuhan bayi Suriah dan keluarga mereka.

Keluarga Suriah umumnya menamai bayi mereka dengan “Recep, Tayyip, Erdogan, Emine” untuk menunjukkan penghargaan mereka kepada Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan istrinya Emine Erdogan. Suriah telah menjadi daerah konflik sejak pihak oposisi memberontak Presiden mereka, Bashar Al Assad, pada 2011, di mana konflik ini berlanjut menjadi perang Sunni-Syi’ah.

Sejak peperangan kedua belah pihak terjadi, warga sipil mengalami penderitaan yang menyedihkan, sebagaimana disampaikan delegasi Liga Arab untuk Libanon Faiq Shaleh pada akhir Januari 2013.

Menurut data PBB, perang saudara di Suriah hingga saat ini membuat 70.000 warganya meninggal dan membuat warga lainnya memilih untuk mengungsikan diri ke negara-negara tetangga seperti Jordania, Lebanon, Irak, dan Turki. Di Turki, pemerintah mendirikan lima tenda di Hatay, dua di Sanliurfa, tiga di Gaziantep dan masing-masing satu di Osmaniye, Kahramanmaras dan Adiyaman.

Menurut laporan ANTARA, warga Suriah yang berada di Turki diberikan dengan penginapan, makanan, pelayanan kesehatan, keamanan, kegiatan sosial, pendidikan, agama, dan layanan penerjemahan. Dikatakan sejauh ini 223.986 warga Suriah telah melarikan diri ke Turki dan 66,496 dari mereka kembali ke Suriah.

Awal pekan ini, Wakil Perdana Menteri Turki Ali Babacan mengatakan bahwa biaya bulanan untuk mengurus pengungsi Suriah di Turki mencapai sekitar 40 juta dolar AS, sementara jumlah total bantuan yang Turki telah terima untuk pengungsi Suriah dari masyarakat internasional mencapai tidak lebih dari 30 juta dolar.(T/P03/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply