AHMADINEJAD PRESIDEN IRAN PERTAMA KE MESIR

        Kairo, 22 Rabiul Awal 1434/ 3 Februari 2013 (MINA)- Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad akan mengunjungi Kairo pekan depan untuk memimpin delegasi Iran dalam pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Islam di Kairo.

      Dengan ini, Ahmadinejad akan menjadi presiden Iran pertama yang melakukan kunjungan ke Mesir sejak hubungan diplomatik antara kedua negara tersebut pecah pada 1979. Bahkan sampai saat ini, Iran masih bersikukuh mempertahankan tidak ada kedutaan resmi di Mesir.

      “Saya berharap (dengan kunjungan Ahmadinejad ini) hubungan Iran dan Mesir bisa kembali ke tingkat diplomatik penuh,” kata Amani Mojtaba, Kepala Seksi Kepentingan Iran di Kairo.

       Kantor Berita Ma’an dikutip Mi’raj News Agency, (MINA) menyebutkan, perjalanan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Mesir, Muhamad Mursi ke Iran pada bulan Agustus tahun lalu ketika kedua pemimpin tersebut sepakat untuk membuka kembali kedutaan resmi.

     Teheran memutuskan hubungan dengan Kairo pada tahun 1980, setahun setelah revolusi kedua Iran dan perjanjian damai Mesir dengan Israel.

      Revolusi Mesir pada 2011 lalu yang menggulingkan mantan pemimpin mereka, Husni Mubarak telah membuka lagi kesempatan untuk memulihkan hubungan formal kedua negara setelah beberapa dekade terputus.

       Namun begitu, Mursi telah menjadi lawan paling vokal dari Presiden Suriah Bashar Assad yang saat ini mendapat dukungan dari Iran. Keanggotaan Suriah di OKI juga dihentikan pada KTT lalu, meskipun mendapat penentangan kuat dari Iran.

     Perang saudara di Suriah saat ini juga akan menjadi salah satu isu utama yang dibahas dalam pertemuan OKI di Kairo minggu depan.

     Pertemuan puncak OKI ini akan menjadi acara internasional terbesar yang diselenggarakan Mursi sejak mengambil kekuasaan tujuh bulan lalu sebagai presiden Mesir. (T/P01/E1).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply