ARAB SAUDI BUKA PROYEK PERUMAHAN DI GAZA

Gaza, Rabu 26 Rabiul Awal 1434/6 Februari 2013 (MINA) – Sebuah delegasi Saudi membuka proyek perumahan terbesar di Jalur Gaza dan berjanji menindaklanjuti perihal pendanaan untuk mendukung pengungsi Palestina.

Arab Saudi membiayai 752 rumah bagi keluarga yang rumahnya dihancurkan oleh tentara Israel di Rafah, termasuk empat sekolah, pasar, masjid, klinik dan pusat pelayanan masyarakat.

Yousef al Bassam wakil ketua delegasi Dana Pembangunan Saudi, menjanjikan lebih lanjut $ 34 juta untuk memulihkan 7.000 rumah dan $ 54 juta menjadi membangun 1.100 rumah dan enam sekolah sebagai bagian dari program.

Pembangunan akan diawasi oleh badan PBB UNRWA. “Proyek ini dilaksanakan dalam situasi sulit, tapi dengan upaya UNRWA, proyek ini berhasil dalam waktu singkat dan dengan kualitas tinggi, Proyek ini juga mempekerjakan lebih dari 400 pekerja. Dan direvitalisasi hasil kontraktor,” kata al-Bassam di pelantikan.

Direktur UNRWA operasi di Gaza, Robert Turner, berterima kasih kepada Saudi Arabia untuk pendanaan proyek tersebut dan mengatakan pembukaan kawasan baru menandai akhir dari masa sulit bagi ribuan pengungsi yang telah tinggal di rumah mobil selama ini. Proyek ini diluncurkan pada tahun 2005 namun ditunda selama beberapa tahun oleh blokade Israel di Jalur Gaza.(T/P015/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply