AS BERI BANTUAN PADA OPOSISI SURIAH

London, 17 Rabiul Akhir 1434/27 Februari 2013 (MINA) – Inggris dan Amerika memberikan bantuan lebih kepada kelompok-kelompok bersenjata untuk melawan pemerintah Presiden suriah Bashar al-Assad.

“Kita harus secara signifikan meningkatkan dukungan untuk oposisi Suriah.  Kami sedang mempersiapkan  hal itu,” kata Menteri Luar Negeri William Hague pada konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri AS Jhon Kerry di London pada Senin.

Kelompok oposisi Suriah baru-baru ini menyatakan frustasi karena kurangnya bantuan yang cukup dari pendukung asing mereka.

Kerry merespon atas sikap frustasi tersebut, sebagai seorang senator AS yang telah mendorong pemerintah AS untuk mempertimbangkan memberikan bantuan militer kepada militan Suriah.  Menurut laporan islamtimes seperti yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

AS beserta sekutu Barat-nya, Turki, Arab Saudi dan Qatar, menyatakan bahwa mereka ingin melihat akhir dari konflik Suriah akan tetapi pada saat yang sama mereka masih mempersenjatai militan Suriah.

Kemudian pada hari itu, anggota oposisi Suriah mengatakan mereka akan menghadiri konferensi Friends of Suriah di Roma pada Kamis mendatang.

Ahmed Moaz al-Khatib, presiden dari koalisi yang disebut Nasional revolusi Suriah dan pasukan oposisi, mengatakan bahwa ia akan memboikit pertemuan 11 Negara.  Akan tetapi Khatib berubah fikiran setelah ia mengetahui bahwa Kerry menjanjikan akan member bantuan khusus untuk kelompoknya.

Suriah telah mengalami konflik sejak pertengahan Maret 2011, dan menewaskan banyak orang serta sebagian besar personil keamanan.  Pemerintah Suriah menyatakan bahwa konflik ini telah diatur oleh warga Negara asing. (T/P013/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Rate this article!

Leave a Reply