BIAYA HAJI DITETAPKAN APRIL

 Jakarta, 11 Rabiul Akhir 1434/21 Februari 2013 (MINA) — Direktur Pelayanan Haji Kementrian Agama Sri Ilham Lubis mengatakan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) diharapkan sudah bisa ditetapkan pada bulan April 2013.

“Tahun ini, sudah disepakati dalam raker Kementerian Agama dengan Komisi VIII DPR RI agar pembahasan BPIH dilakukan lebih awal,”  kata Sri  ketika menerima kunjungan anggota Komisi C DPRD Kab. Tuba, Jawa Timur yang membidangi masalah kesejahteraan rakyat di Jakarta, Rabu (20/02), menurut laman Kemenag yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

Sehubungan itu, lanjut Sri, pembahasan BPIH di DPR sudah dilakukan sejak Januari 2013. “Sekarang sedang disiapkan segala sesuatunya, termasuk pembahasan tentang komponen terbesar dalam BPIH, yaitu penerbangan yang mencapai 60%,” tambah Sri.

Menurut Sri, salah satu upaya Kementerian Agama untuk mempercepat  pembahasan BPIH adalah dengan mengirim tim penyewaan perumahan, transportasi, dan katering. “Tim yang diberangkatkan sejak 17 Januari ini bertugas melakukan survei harga dan mendapatkan pemondokan yang lebih baik dan lebih dekat.”

Namun demikian, Sri juga menjelaskan sekarang ini banyak sekali gedung di sekitar Masjidil Haram yang sudah, sedang, dan akan dibongkar untuk perluasan masjid. Sebagian besar di antaranya bahkan termasuk yang biasa ditempati jamaah haji Indonesia. Sehubungan itu, tugas untuk

mendapatkan pemondokan yang lebih dekat dan lebih baik merupakan tanggung jawab berat yang harus dilakukan oleh Tim. “Mungkin pemondokan akan sedikit menjauh dari Masjidil Haram karena adanya perluasan. Sehubungan itu, harga sewa pemondokan pun semakin mahal,” kata Sri.

Agar harga sewa dapat dikendalikan, Menteri Agama, kata Sri, telah mengirim surat kepada Gubernur Makkah untuk ikut mengatur harga sewa pemondokan di Makkah. “Kita tetap berusaha agar bisa memperoleh yang terbaik,” tutup Sri.(T/P03/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply