IMAM BESAR AL AZHAR MINTA AHMADINEJAD ATASI KRISIS SURIAH

Kairo, 26 Rabiul Awal 1434/7 Februari 2013 (MINA) – Kunjungan Presiden Iran, Ahmadinejad, ke Al Azhar Kairo, digunakan dengan baik oleh Imam Besar Al Azhar, Ahmed al Tayyeb, untuk menyampaikan pesan agar Iran berperan aktif menghentikan pertumpahan darah di Suriah.

Dalam konferensi pers yang berlangsung Selasa (5/2) lalu, Ahmad Al Tayyeb, melalui juru bicaranya, menjelaskan, “Kedua belah pihak memperbincangkan masalah persatuan dan persamaan,” seperti dilansir oleh Aljazeera.net.

Seperti diketahui, Iran memiliki hubungan erat dengan Suriah. Kedekatan Iran dengan Pemerintah Suriah, dinilai dapat membantu mengatasi krisis yang tengah melanda Suriah.

Sekretaris Dewan Keamanaan Nasional Tertinggi Iran, Saeed Jalali, dalam kunjungannya ke Suriah Senin (4/2) guna membahas serangan Israel ke salah satu pusat penelitian di Suriah, mengatakan Iran akan memanfaatkan semua hubungan internasionalnya untuk mendukung Suriah.

Konflik berdarah antara pemerintahan Assad dan Oposisi di Suriah, hingga akhir Januari, telah menelan lebih dari 4800 korban jiwa. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris melaporkan jumlah total korban tewas dalam dalam dua tahun, sejak aksi demo terhadap pemerintahan Assaad, mencapai 51.167 jiwa. Diantara jumlah itu, 3.717 korban adalah anak-anak dan 2.144 korban perempuan.(T/R3/R2).

Miraj News Agency (MINA)

Leave a Reply