INDONESIA DAN BRAZIL KOKOHKAN KEMITRAAN BILATERAL

Brazil, 20 Rabiul Awal 1434/1 Februari 2013 (MINA) – Indonesia dan Brazil selenggarakan Pertemuan Konsultasi Bilateral RI-Brazil ke-6 yang berlangsung di Brasilia DF pada hari Senin (28/01). Kedua negara membahas berbagai kerjasama bilateral di bidang ekonomi-perdagangan, lingkungan, energi, sosial-budaya, pendidikan, hukum-imigrasi, kejahatan transnasional hingga kerjasama pertahananan.

Berbagai konsep kerjasama (MoU) juga sepakat untuk  diselesaikan dan dapat ditandatangani pada saat kunjungan Presiden Dilma Rousseff ke Indonesia yang direncanakan pada tahun 2013 ini, sebagaimana yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA) dari laporan Kementerian Luar Negri Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, pihak Brazil juga menyampaikan konfirmasinya mengenai rencana kehadiran Menlu Brazil pada KTM FEALAC ke-6 yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 12 Juni 2013 dan rencana kunjungan Menhan Brazil pada Jakarta International Defense Dialogue (JIDD) yang akan berlangsung di Jakarta pada bulan Maret 2013.

Sejalan dengan semakin meningkatnya saling kunjungan antara para pejabat dari kedua negara, pihak Brazil menyampaikan serangkaian undangan kepada pihak Indonesia untuk hadir pada berbagai kegiatan yang menyangkut bidang energi, pertahanan, pendidikan, kebijakan sosial yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

Delegasi Brazil juga menyampaikan rencana pengiriman misi dagang dan investasi (APEX) ke Indonesia pada bulan Maret mendatang guna melihat secara langsung peluang kerjasama bisnis yang terbuka.

Kedua belah pihak juga menyepakati penyelenggaraan berbagai pertemuan kelompok kerja (antara lain perdagangan dan industri, pertanian, hukum) pada tahun ini. Kedua delegasi juga membahas upaya saling dukung beberapa kandidat Indonesia dan Brazil di beberapa badan internasional. Dalam hal ini, Dirjen Amerop menyampaikan aide memoire Dr. Mari Elka Pangestu sebagai calon Indonesia untuk jabatan Dirjen WTO.

Delegasi Indonesia di pimpin oleh Dirjen Amerop Kemlu yang didampingi oleh Dubes RI dan Direktur Amselkar Kemlu. Sementara itu, Delegasi Brazil dipimpin oleh Under Secretary for Political Affairs II, Kemlu, Dubes Maria Edileuza Fontenele Reis yang didampingi oleh Dubes Brazil untuk Indonesia, Paulo Soares dan beranggotakan wakil-wakil dari berbagai kementerian yang terkait dengan bidang yang dikerjasamakan.

Pertemuan Konsultasi Bilateral RI-Brazil ke-6 ini diakhiri dengan jamuan makan malam di Wisma Indonesia. Usai jamuan makan malam, Delegasi Indonesia kemudian melanjutkan perjalanan ke Bahamas.(T/P07/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply